6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan - Jika Anda mau meningkatkan jumlah pelanggan, Anda harus mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat pelanggan Anda tertarik untuk mendaftar program wisata di tempat Anda. Salah satunya ialah sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di tempat Anda.Seperti yang kita ketahui, di bisnis jasa, karyawan merupakan salah satu asset berharga yang bisa mempengaruhi secara langsung kinerja bisnis Anda. Service yang baik dari karyawan Anda kepada konsumen ialah kunci untuk memperoleh hasil maksimal dari pelayanan jasa Anda.
Tidak mungkin konsumen akan menjadi customer setia jika ia tidak dilayani dengan baik. Mereka akan berpikir dua kali bila ingin kembali melakukan repeat order atau merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekannya, jika pelayanan dari customer service travel Anda mengecewakan. Lalu, bagaimana supaya pelanggan Anda semakin meningkat dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang Anda punya? Temukan jawabannya dalam artikel 6 cara mengelola SDM untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda berikut ini.
Perbaiki Hubungan Anda dengan Karyawan
Cara paling awal untuk membuat tim Anda lebih maksimal kinerjanya adalah dari diri Anda sendiri harus berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan karyawan. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, jangan hanya menekanmenuntut karyawan untuk bekerja keras saja, namun berikanlah peluang mereka agar menunjukkan karya mereka yang terbaik.
Anda bisa mulai dengan cara menyapa karyawan Anda dengan ramah setiap kali berpapasan. Menanyakan kabar mereka, keluarganya. Jika Anda memiliki waktu, sempatkan untuk menjadwalkan rapat atau pertemuan di luar kantor untuk mengakrabkan dengan tim Anda.Hubungan yang baik atau silaturahim yang terjalin dengan karyawan Anda dapat membuka pintu rezeki Anda. Itu berarti, upaya Anda juga akan mengalami kemajuan, atas izin Allah.
Berikan Training Kepada Karyawan Secara Berkala
Memberikan pelatihan kepada tim baru memang sudah menjadi hal yang wajib bagi Anda. Tapi, memberikan training lanjutan juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan perkembangan masa dan teknologi, sehingga mau tidak mau Anda harus kembali memberikan training kepada karyawan Anda supaya tidak ketinggalan zaman. Apalagi jika Anda menggunakan teknologi terbaru, misalnya, Anda bisa mendelegasikan karyawan Anda untuk mendalami penggunaannya, sehingga Anda bisa melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik.
Upgrade Kemampuan Karyawan Anda
Selain memberikan training, Anda dapat juga mengupgrade kemampuan rimAnda dengan cara menyuruh mereka mengikuti seminar, pelatihan, workshop, mengikuti kelas-kelas tertentu yang berkaitan dengan bidang yang mereka kerjakan.
Anda bisa mandanai mereka untuk mengikuti training tersebut agar kemampuan mereka semakin meningkat. Mengelola asset yang sudah ada adalah investasi jangka panjang, supaya Anda dapat menghemat banyak budget daripada harus merekrut karyawan baru yang minim pengalaman.
Agendakan Outbond dan Refreshing Bersama
Selain training yang bersifat formal, Anda juga dapat menjadwalkan outbond atau acara refreshing yang sifatnya lebih santai. Namun, dalam outbond tersebut juga terselip peningkatan skill karyawan, terutama dalam hal intrapersonal.
Hal ini cukup efektif agar karyawan Anda tidak mengalami kebosanan saat bekerja, sehingga mereka tetap dapat melayani jamaah secara maksimal, selalu ramah kepada jamaah dan juga dapat mengeluarkan ide-ide kreatfitas mereka yang baru.
Pantau Pekerjaan Karyawan Anda dengan Aplikasi Khusus
Anda dapat memaksimalkan potensi karyawan Anda dengan selalu mengontrol pekerjaan mereka menggunakan aplikasi khusus. Saat ini banyak yang dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berbasis cloud, sehingga pekerjaan tim Anda bisa Anda pantau di mana saja asal ada koneksi internet.
Yang termudah ialah dengan membuat workseet untuk laporan progres rencana pekerjaan, pekerjaan yang sedang berlangsung dan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Hal ini akan meminimalisir karyawan yang suka magabu alias makan gaji buta. Selain menghemat waktu, cara kerja dengan workspace online ini juga dapat meningkatkan hubungan karyawan dengan calon jamaah, sehingga peluang untuk mendapatkan wisatawan pun kian terbuka luas. Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus travel agar perusahaan Anda semakin efisien.
Berikan Insentif atau Challenge dengan Reward Menarik
Adakalanya, memberikan insentif kepada karyawan bisa meningkatkan pula kinerja karyawan. Mereka akan merasa beruntung berada di perusahaan Anda, hasil karya mereka dihargai dan merasa dibutuhkan. Hal ini bisa meningkatkan pelayanan mereka kepada pelanggan, yang artinya, kepuasan wisatawan juga akan meningkat berkat service karyawan Anda.
Anda bisa pula memberikan kejutan reward yang tidak disangka-sangka, misalnya ketika karyawan Anda memiliki momongan baru, atau pindah ke rumah baru, Anda bisa memberikan perhatian berupa kejutan hadiah yang layak untuk mereka. Selain insentif, Anda dapat mencoba cara lainnya yaitu memberikan challenge atau tantangan kepada karyawan. Misal di bidang marketing, Anda bisa membuat perlombaan penjualan terbanyak selama periode tertentu. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah menarik yang bisa Anda tentukan sendiri.Nah, itulah cara-cara mengelola SDM agar jumlah pelanggan Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT supaya usaha Anda bisa menemukan SDM-SDM yang berkompeten, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya.