6 Langkah Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan - Jika Anda ingin meningkatkan jumlah wisatawaan, Anda harus tahu faktor-faktor yang dapat membuat pelanggan Anda tertarik untuk mendaftar program wisata di tempat Anda. Salah satunya ialah sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.Seperti yang kita tahu, di bisnis jasa, karyawan merupakan salah satu asset berharga yang bisa mempengaruhi secara langsung kinerja perusahaan Anda. Service yang baik dari karyawan Anda kepada pelanggan ialah kunci untuk memperoleh hasil maksimal dari pelayanan jasa Anda.

Tidak mungkin pelanggan akan menjadi customer setia jika ia tidak diberikan pelayanan dengan baik. Mereka akan berpikir dua kali bila ingin kembali melakukan repeat order atau merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekannya, jika pelayanan dari customer service travel Anda mengecewakan. Lalu, bagaimana agar pelanggan Anda semakin meningkat dengan memaksimalkan potensi karyawan yang Anda punya? Temukan jawabannya dalam artikel 6 Langkah mengelola SDM untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda berikut ini.
Perbaiki Hubungan Anda dengan Karyawan
Cara pertama untuk membuat tim Anda lebih maksimal kinerjanya adalah dari diri Anda sendiri harus berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan karyawan. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, jangan cuma menekanmenuntut karyawan untuk bekerja keras saja, namun berikanlah kesempatan mereka untuk menunjukkan karya mereka sebaik-baiknya.

Anda bisa mulai dengan cara menyapa karyawan Anda dengan ramah setiap kali bertemu. Tanyakan kabar mereka, keluarganya. Bila Anda mempunyai waktu, sempatkan untuk mengadakan rapat atau pertemuan di luar kantor untuk mengakrabkan dengan karwayan Anda.Hubungan yang baik atau silaturahim yang terjalin dengan tim Anda dapat membuka pintu rezeki Anda. Itu berarti, usaha Anda juga akan mengalami kemajuan, atas izin Allah.
Berikan Training Kepada Karyawan Secara Berkala
Memberikan pelatihan kepada tim baru memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda. Namun, memberikan pelatihan berkelanjutkan juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan perkembangan masa dan teknologi, sehingga mau tidak mau Anda mesti kembali memberikan pelatihan kepada karyawan Anda supaya tidak ketinggalan zaman. Apalagi jika Anda menggunakan teknologi terbaru, misalnya, Anda dapat mendelegasikan tim Anda untuk mendalami penggunaannya, sehingga Anda bisa melayani lebih banyak customer dengan lebih baik.
Upgrade Kemampuan Karyawan Anda
Selain memberikan pelatihan, Anda bisa juga mengupgrade kemampuan karyawanAnda dengan cara memberikan instruksi kepada mereka mengikuti seminar, pelatihan, workshop, mengikuti kelas-kelas tertentu yang berkaitan dengan bidang yang mereka kerjakan.
Anda bisa mandanai mereka untuk mengikuti training tersebut agar kompetensi mereka semakin bagus. Mengelola asset yang sudah ada merupakan investasi jangka panjang, agar Anda dapat menghemat banyak budget daripada harus merekrut karyawan baru yang kurang pengalaman.
Agendakan Outbond dan Refreshing Bersama
Selain pelatihan yang bersifat formal, Anda juga bisa mengadakan outbond atau acara refreshing yang sifatnya lebih santai. Namun, dalam outbond tersebut juga terselip peningkatan skill karyawan, terutama dalam hal intrapersonal.

Hal ini cukup efektif supaya karyawan Anda tidak mengalami kejenuhan saat bekerja, sehingga mereka tetap dapat melayani jamaah secara maksimal, selalu ramah kepada jamaah dan juga bisa mengeluarkan ide-ide kreatfitas mereka yang baru.
Pantau Pekerjaan Karyawan Anda dengan Aplikasi Khusus
Anda dapat memaksimalkan potensi karyawan Anda dengan selalu memantau pekerjaan mereka menggunakan aplikasi khusus. Saat ini banyak yang dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berbasis cloud, sehingga pekerjaan tim Anda dapat Anda kontrol di manapun asal ada koneksi internet.

Yang paling mudah adalah dengan membuat workseet untuk laporan progres rencana pekerjaan, pekerjaan yang sedang berlangsung dan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Hal ini akan meminimalisir karyawan yang suka magabu alias makan gaji buta. Selain menghemat waktu, cara kerja dengan workspace online ini juga bisa meningkatkan hubungan karyawan dengan calon jamaah, sehingga peluang untuk mendapatkan wisatawan pun semakin terbuka luas. Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi khusus travel agar perusahaan Anda semakin efisien.
Berikan Insentif atau Challenge dengan Reward Menarik
Adakalanya, memberikan insentif kepada karyawan dapat meningkatkan pula kinerja karyawan. Mereka akan merasa beruntung berada di perusahaan Anda, hasil karya mereka dihargai dan merasa dibutuhkan. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan mereka kepada pelanggan, yang artinya, kepuasan pelanggan juga akan meningkat berkat pelayanan karyawan Anda.
Anda bisa pula memberikan kejutan hadiah yang tidak disangka-sangka, misalnya dikala karyawan Anda memiliki momongan baru, atau pindah ke rumah baru, Anda bisa memberikan perhatian berupa kejutan hadiah yang layak untuk mereka. Selain insentif, Anda bisa mencoba cara lainnya yakni memberikan challenge atau tantangan kepada karyawan. Misal di bidang marketing, Anda bisa membuat perlombaan penjualan terbanyak selama periode tertentu. Pemenangnya berhak atas hadiah menarik yang dapat Anda tentukan sendiri.Nah, itulah langkah-langkah mengelola SDM agar jumlah pelanggan Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar usaha Anda bisa menemukan karyawan yang berkompeten, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya.
