Inilah 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Ditulis pada 06 Februari 2023, 11:53:48

6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan - Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pelanggan, Anda harus tahu faktor-faktor yang dapat membuat pelanggan Anda tertarik untuk mendaftar program wisata di tempat Anda. Salah satunya adalah sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.Seperti yang kita ketahui, di bisnis jasa, SDM merupakan salah satu asset berharga yang dapat mempengaruhi secara langsung kinerja perusahaan Anda. Pelayanan yang baik dari karyawan Anda kepada konsumen ialah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelayanan jasa Anda.

Desain tanpa judul (1).png

Tidak mungkin pelanggan akan menjadi pelanggan setia jika ia tidak dilayani dengan baik. Mereka akan berpikir dua kali jika ingin kembali melakukan repeat order atau merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekannya, jika pelayanan dari customer service travel Anda mengecewakan. Lalu, bagaimana supaya pelanggan Anda semakin meningkat dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang Anda miliki? Temukan solusinya dalam artikel 6 cara mengelola SDM untuk meningkatkan jumlah pelanggan Anda berikut ini.

Perbaiki Hubungan Anda dengan Karyawan

Langkah pertama untuk membuat karyawan Anda lebih maksimal kinerjanya ialah dari diri Anda sendiri harus berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan tim Anda. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, jangan hanya menekanmenuntut karyawan untuk bekerja keras saja, namun berikanlah peluang mereka untuk menunjukkan karya mereka yang terbaik.

Desain tanpa judul (3).png

Anda bisa mulai dengan cara menyapa karyawan Anda dengan ramah setiap kali bertemu. Menanyakan kabar mereka, keluarganya. Bila Anda memiliki waktu, sempatkan untuk menjadwalkan rapat atau pertemuan di luar jam kerja untuk membangun chemistry dengan karwayan Anda.Hubungan yang baik atau silaturahim yang terjalin dengan tim Anda dapat membuka pintu rezeki Anda. Itu berarti, usaha Anda juga akan mengalami kemajuan, atas izin Allah.

Berikan Training Kepada Karyawan Secara Berkala

Memberikan training kepada karyawan baru memang sudah menjadi hal yang wajib bagi Anda. Tapi, memberikan pelatihan lanjutan juga penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga mau tidak mau Anda harus kembali memberikan training kepada karyawan Anda supaya tidak ketinggalan zaman. Apalagi jika Anda menggunakan teknologi terbaru, misalnya, Anda bisa mendelegasikan karyawan Anda untuk mendalami penggunaannya, sehingga Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik.

Upgrade Kemampuan Karyawan Anda

Selain memberikan pelatihan, Anda dapat juga mengupgrade kemampuan rimAnda dengan cara memberikan instruksi kepada mereka mengikuti seminar, pelatihan, workshop, mengikuti kelas-kelas tertentu yang berkaitan dengan bidang yang mereka kerjakan.
Desain tanpa judul (4).png
Anda bisa membiayai mereka untuk mengikuti training tersebut agar kompetensi mereka semakin bagus. Mengelola asset yang sudah ada merupakan investasi jangka panjang, supaya Anda dapat menghemat banyak anggaran daripada harus merekrut karyawan baru yang minim pengalaman.

Agendakan Outbond dan Refreshing Bersama

Selain training yang bersifat formal, Anda juga dapat menjadwalkan outbond atau acara refreshing yang sifatnya lebih santai. Akan tetapi, dalam outbond tersebut juga diselipkan dengan peningkatan skill karyawan, terutama dalam hal intrapersonal.

Desain tanpa judul (5).png

Hal ini cukup efektif supaya tim Anda tidak mengalami kebosanan ketika bekerja, sehingga mereka tetap bisa melayani pelanggan secara maksimal, selalu ramah kepada jamaah dan juga dapat mengeluarkan ide-ide kreatfitas mereka yang baru.

Pantau Pekerjaan Karyawan Anda dengan Aplikasi Khusus

Anda dapat memaksimalkan potensi tim Anda dengan selalu memantau pekerjaan mereka menggunakan aplikasi khusus. Saat ini banyak yang bisa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berbasis cloud, sehingga pekerjaan tim Anda bisa Anda pantau di manapun asal ada jaringan internet.

Desain tanpa judul (6).png

Yang termudah adalah dengan membuat workseet untuk laporan progres rencana pekerjaan, pekerjaan yang sedang berlangsung dan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Hal ini akan meminimalisir karyawan yang suka magabu alias makan gaji buta. Selain menghemat waktu, cara kerja dengan workspace online ini juga bisa meningkatkan hubungan karyawan dengan calon jamaah, sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan pun kian terbuka lebar. Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus travel agar perusahaan Anda semakin efisien.

Berikan Insentif atau Challenge dengan Reward Menarik

Adakalanya, memberikan insentif kepada karyawan dapat meningkatkan pula kinerja karyawan. Mereka akan merasa beruntung berada di perusahaan Anda, hasil karya mereka dihargai dan merasa dibutuhkan. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan mereka kepada pelanggan, yang artinya, kepuasan pelanggan juga akan meningkat berkat pelayanan karyawan Anda.

Desain tanpa judul (7).png

Anda dapat pula memberikan kejutan reward yang tidak disangka-sangka, contohnya ketika karyawan Anda memiliki momongan baru, atau pindah ke rumah baru, Anda dapat memberikan perhatian berupa kejutan hadiah yang layak untuk mereka. Selain insentif, Anda dapat mencoba cara lainnya yaitu memberikan challenge atau tantangan kepada karyawan. Misal di bidang marketing, Anda dapat membuat kompetisi penjualan terbanyak selama periode tertentu. Pemenangnya berhak atas reward menarik yang bisa Anda tentukan sendiri.Nah, itulah cara-cara mengelola SDM agar jumlah pelanggan Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar usaha Anda dapat menemukan SDM-SDM yang berkompeten, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya.

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
Mengelola SDM Pelanggan Meningkatkan Jumlah Pelanggan
Twit Terbaru
Facebook TravelSys
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap Mengelola SDM Pelanggan Meningkatkan Jumlah Pelanggan

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, Mengelola SDM, Pelanggan, Meningkatkan Jumlah Pelanggan

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami