Brand Awareness ialah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang maknanya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Strategi ini dapat dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar merk tersebut.

Saat ini, pelanggan lebih aktif mengakses platform media sosial dibandingkan media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak dapat dipakai, karena bisa saja target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja untuk bisnis travel, selain menargetkan milenial di media sosial, target market produk Anda bisa jadi adalah golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda perlu memahami dulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel Anda.

Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat merk Anda. Sasaran utamanya adalah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik pelanggan lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa perusahaan Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi travel terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai kelebihan tersendiri yakni bisa menjangkau kalangan atau target market tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.

Apalagi untuk produk seperti paket wisata, sasaran pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai dana yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Pangsa market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat mendapatkan pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Mengunggah konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan agar konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang dapat ditempuh. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda bisa menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan terlihat lebih profesional bila rekanan Anda telah mempunyai tempat di hati pelanggan. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness usaha Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup mudah untuk digunakan guna membangun brand awareness yakni dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel Anda. mengakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang dapat Anda gunakan di bisnis travel Anda. Anda bisa mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!
