Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya ialah seberapa besar tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.
Kini, pelanggan lebih aktif mengakses platform media sosial ketimbang media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak dapat digunakan, karena bisa saja target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja bagi perusahaan travel, selain menargetkan milenial di media sosial, target pasar produk Anda bisa jadi merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda harus memahami terlebih dahulu apa kepentingan membangun brand awareness bagi perusahaan travel Anda.
Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat merk Anda. Target utamanya ialah konsumen baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik konsumen lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda pasarkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka menyadari bahwa perusahaan Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness merupakan langkah tepat yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan perusahaan travel Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi travel terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah disinggung di awal artikel ini, menggunakan iklan konvensional di media massa memiliki keunggulan tersendiri yakni dapat menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.
Apalagi untuk produk seperti paket wisata, sasaran pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Pangsa market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat mendapatkan pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Mengunggah konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang bisa ditempuh. Orang menyukai kegiatan atau acara yang memiliki nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan terlihat lebih profesional bila rekanan Anda sudah memiliki tempat di hati pelanggan. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.
Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup mudah untuk ditempuh guna membangun brand awareness yakni dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga dapat memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga dapat menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel Anda. Adakan giveaway secara berkala misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama supaya brand Anda lebih dikenal dan diharapkan kemunculannya.
Nah, itulah beberapa cara membangun brand awareness yang bisa Anda gunakan di perusahaan travel Anda. Anda dapat mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!