Brand Awareness ialah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang maknanya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu brand yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar merk tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial ketimbang media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa digunakan, karena bisa jadi target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja bagi bisnis travel, selain menargetkan milenial di media sosial, target pasar produk Anda bisa saja merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa kepentingan membangun brand awareness bagi perusahaan travel Anda.

Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat merk Anda. Sasaran utamanya ialah konsumen baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik konsumen lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa bisnis Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness ialah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi travel terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa cara praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah dibahas di awal artikel ini, menggunakan iklan konvensional di media massa memiliki kelebihan tersendiri yaitu bisa menjangkau kalangan atau target market tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.

Apalagi untuk produk seperti paket wisata, target pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target pasar di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda dapat melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon pelanggan Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang bisa digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang memiliki nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda bisa menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan tampak lebih profesional jika rekanan Anda telah memiliki tempat di hati pelanggan. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup mudah untuk digunakan untuk membangun brand awareness yakni dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa menerapkan penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Bukan hanya merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel Anda. Adakan giveaway secara berkala misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama supaya brand Anda lebih dikenal dan diharapkan kemunculannya.
Nah, itulah beberapa kiat membangun brand awareness yang bisa Anda gunakan di bisnis travel Anda. Anda dapat mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka peluang untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih luas. Selamat mencoba!