Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa kini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi tentang bisnis travel Anda.
Ada beberapa aplikasi sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk paket wisata Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Masing-masing media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda dapat mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang telah kita ketahui, sosial media merupakan aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Umumnya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang berniat ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli karena mereka tahu teman mereka menjual produk yang mereka mau.
Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan meninggalkan begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali teknik beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang sering disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, karena orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon konsumen? Pastinya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media biasanya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.
Pertama, kita coba mengulas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, selanjutnya carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu dicatat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya posting tentang jualan Anda, maka teman Anda akan mudah bosan. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, misalnya saat menceritakan bagaimana proses yang biasa dilakukan oleh travel Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan diselingi iklan soft selling. Kedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatlah postingan yang menarik followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk mengoptimalkan performa instagram Anda. Biasanya ada komunitas atau grup yang menampung kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Pelanggan
Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan di media sosial, Anda dapat membuat satu album khusus testimoni pelanggan yang Anda kumpulkan dari pelanggan yang pernah Anda berangkatkan. Anda bisa meminta testimoni tersebut pada pelanggan Anda, kemudian Anda share di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda bukan abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda dapat membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni pelanggan Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, hendaknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Tulislah dengan jujur dan gunakan kata-kata yang sopan juga bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan merupakan paket program wisata. Tentunya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda jual. Seperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk meningkatkan popularitas kita di hati pelanggan. Jangan berharap langsung closing saat beriklan di sosial media. Namun arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, misalnya lewat jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian cara menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel Anda, silahkan mencoba software khusus travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel Anda.
