Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan memanfaatkan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis travel Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda pakai untuk mempromosikan produk paket wisata Anda, diantaranya facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan promosi Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang telah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan sebagainya. Umumnya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli karena mereka tahu rekan mereka memasarkan produk yang mereka mau.Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang tampil di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang diterapkan penjual tidak terasa seperti iklan. Inilah yang kerap disebut dengan iklan terselubung. Nah, karena orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita memperkenalkan produk kita kepada calon pelanggan? Pastinya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebenarnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media biasanya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yaitu Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, selanjutnya carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel Anda. Anda bisa membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk mencuri perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu dicatat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Karena, bila Anda hanya mengunggah tentang jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bahkan bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal saat menceritakan bagaimana proses yang biasa dilakukan oleh travel Anda. Pakailah bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling. Kedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda bisa mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Sebab di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka usahakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.Buatkan postingan yang menarik followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sesekali membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Biasanya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Pelanggan
Untuk menambahkan kepercayaan konsumen di media sosial, Anda dapat membuat satu album khusus testimoni pelanggan yang Anda kumpulkan dari pelanggan yang sudah Anda berangkatkan. Anda bisa meminta testimoni tersebut pada pelanggan Anda, kemudian Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda bukan abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni pelanggan Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau berlebihan. Buatlah dengan jujur dan gunakan kata-kata yang sopan juga bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan ialah paket program wisata. Tentunya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda pasarkan. Seperti yang kita ulas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk menaikkan popularitas kita di hati pelanggan. Jangan mengharapkan langsung closing kala beriklan di sosial media. Namun arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, semisal lewat jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, itulah cara memanfaatkan media sosial untuk promosi bisnis travel Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel Anda, silahkan mencoba software khusus travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel Anda.