Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dukungan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi mengenai bisnis travel Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk paket wisata Anda, diantaranya facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan promosi Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media merupakan aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Umumnya, orang membuat sosial media untuk berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke teman yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu rekan mereka memasarkan produk yang mereka inginkan. Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung segan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang tampil di newsfeed mereka, kecuali teknik beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang kerap disebut dengan iklan terselubung. Nah, karena orang tidak suka melihat orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita memperkenalkan produk kita kepada calon pelanggan? Pastinya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus cerdas dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang sering digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel Anda. Anda bisa membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian para user facebook yang menjadi teman Anda. Perlu dicatat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, bila Anda hanya posting mengenai jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bahkan bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal ketika menceritakan bagaimana proses yang biasa dilakukan oleh travel Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling. Kedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda bisa mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram menonjolkan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatlah postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda bisa sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk mengoptimalkan performa instagram Anda. Umumnya ada kelompok atau grup yang menampung kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Pelanggan
Untuk menambahkan keyakinan pelanggan di media sosial, Anda dapat membuat satu album khusus testimoni pelanggan yang Anda kumpulkan dari pelanggan yang pernah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada pelanggan Anda, kemudian Anda share di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni pelanggan Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau berlebihan. Tulislah dengan jujur dan gunakan kata-kata yang sopan dan bernilai. Terlebih jika yang Anda promosikan ialah paket program wisata. Tentunya, materi promosi Anda juga harus sesuai dengan apa yang Anda pasarkan. Seperti yang kita ulas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk menaikkan popularitas kita di hati pelanggan. Jangan berharap langsung closing saat beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda siapkan, misalnya melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian tips memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel Anda, silahkan mencoba software khusus travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys. Percayalah, Anda akan lebih mudah dalam mengelola perusahaan biro travel Anda.