Menaikkan Kredibilitas Melalui Website Bagi Travel - Anda pasti sudah banyak mengenal website yang bertebaran di internet. Ada website sekolah, website ecommerce, website berita, personal blog, dan website perusahaan. Dari banyak jenis website, Anda dapat menggunakan website perusahaan sebagai alat untuk menaikkan kredibilitas travel Anda
.
Ya, setiap perusahaan bisa membuat profil perusahaan dan ditempatkan dalam suatu website khusus. Website perusahaan yang dimaksud di sini ialah website menggunakan domain berbayar. Tetapi, sayangnya hal ini belum menjadi keutamaan bagi pelaku bisnis travel, lantaran menganggap menggunakan web gratisan di blog seperti wordpress atau blogger sudah cukup. Sebenarnya, Anda wajib mulai memikirkan bagaimana membangun sebuah website perusahaan yang profesional untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda. Hal ini sekaligus untuk branding perusahaan, agar perusahaan Anda dikenal sebagai perusahaan yang nyata ada dan dapat dipercaya.
Kegunaan Website Perusahaan Bagi Travel
Ada beberapa kegunaan dari membuat website perusahaan bagi travel yang Anda miliki, antara lain:
- Menampilkan profil perusahaan.
- Menjadi pusat informasi.
- Menampilkan layanan jasa/produk.
- Meningkatkan kredibilitas perusahaan.
- Menaikkan brand awareness.
- Memperluas jangkauan pasar.
- Memudahkan pelanggan dan calon pelanggan menghubungi Anda.
- Menghadirkan pelayanan yang prima.
- Mengumpulkan database pelanggan.
- Menjadi sarana promosi yang up to date dan biaya rendah.
Dari sekian banyak guna website perusahaan di atas, kita akan coba fokus mengulas bagaimana website bisa meningkatkan kredibilitas bisnis travel Anda.
Meningkatkan Kredibilitas Melalui Website Bagi Travel
Website yang profesional diharapkan dapat meningkatkan integritas bagi travel yang Anda operasikan. Anda dapat memulai untuk membangun website dengan mengkaji bagaimana perusahaan lain merancang, mendesain, dan mengelola website mereka secara profesional.Secara umum, website perusahaan yang profesional akan memperlihatkan profil perusaahaan travel secara umum. Siapa pendirinya, pemimpinya, pengurusnya, pembimbingnya, serta sejarah berdirinya. Semakin lengkap data yang ditampilkan, maka akan semakin terpercaya juga perusahaan travel Anda.Ada pula yang menganggap bahwa brand ambasador yang direkrut dan dipajang fotonya di website dapat menaikkan kepercayaan wisatawan. Hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun, usahakan informasi yang ditampilkan benar, tidak memiliki hal kebohongan atau penipuan.Lalu, di halaman-halaman website Anda dapat menampilkan hal-hal berikut ini:
- Informasi umum. Berisi tentang informasi umum perusahaan travel Anda, kegiatan yang dilaksanakan, dan lain-lain.
- Layanan atau produk paket. Ini adalah halaman yang penting dalam website perusahaan. Tampilkan produk dengan keterangan yang jelas. Jika ada perubahan atau paket wisata yang sudah tidak berlaku, Anda harus menghapusnya supaya tidak ada komplain di kemudian hari.
- Kontak yang dapat dihubungi. Cantumkan alamat yang jelas, nomor telepon customer service, dll.
- Portofolio. Ini bisa berupa dokumentasi perusahaan seputar kelompok wisata yang sudah diberangkatkan, dokumentasi manasik, berita, dan track record lainnya berupa artikel, foto dan video.
- Testimoni pelanggan. Anda bisa menampilkan cerita-cerita serta testimoni pelanggan yang sudah pernah berangkat bersama jasa travel wisata Anda. Testimoni dipercaya dapat menaikkan kepercayaan konsumen.
- FAQ (Frequently Ask Question). Anda bisa membuat laman khusus tanya jawab hal-hal yang sering ditanyakan berulang oleh para pengunjung website. Hal ini menyingkat waktu Anda untuk menjawab pertanyaan mereka satu persatu.
Yang Harus Diperhatikan
Ketika membuat website yang profesional untuk perusahaan Anda, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini:
- Gunakan domain berbayar. Menggunakan domain gratisan kurang membuktikan bahwa website Anda benar-benar profesional. Cobalah berinvestasi untuk menggunakan domain berbayar serta membayar hosting untuk website Anda.
- Jaminan keamanan data pengunjung dan pelanggan. Gunakan SSL certificate, untuk mengamankan data pelanggan yang dimasukkan di website Anda.
- Membuat tampilan website yang profesional dan responsif. Upayakan jangan membuat desain website yang membuat bingung. Buatlah website yang mudah, bersih dari iklan-iklan yang mengganggu, dan responsif. Website dengan user interface yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi website perusahaan Anda.
- Membuat konten berisi. Salah satu hal yang membuat website Anda terlihat aktif ialah dengan update konten yang bermutu. Konten di sini dapat berupa tulisan, gambar, dan video yang diramu sesuai dengan kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization).
Gunakan software khusus travel wisata. Sebagai pelengkap website perusahaan yang profesional, Anda dapat menggunakan software khusus travel wisata untuk menjalankan travel wisata Anda secara profesional.