Meningkatkan Kredibilitas Menggunakan Website Bagi Travel - Anda tentu sudah banyak mengenal website yang bertebaran di internet. Ada website sekolah, website ecommerce, website berita, personal blog, dan website perusahaan. Dari banyak macam website, Anda dapat menggunakan website perusahaan sebagai alat untuk meningkatkan kredibilitas travel Anda
.
Ya, tiap perusahaan bisa membuat profil perusahaan dan ditempatkan dalam suatu website khusus. Website perusahaan yang dimaksud di sini adalah website menggunakan domain berbayar. Namun, sayangnya hal ini belum menjadi prioritas untuk pebisnis travel, karena mengira menggunakan web gratisan di blog seperti wordpress atau blogger sudah memadai.Sebenarnya, Anda wajib mulai memikirkan bagaimana membangun sebuah website perusahaan yang profesional untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda. Hal ini sekaligus untuk branding perusahaan, agar perusahaan Anda dikenal sebagai perusahaan yang jelas ada dan dapat dipercaya.
Fungsi Website Perusahaan Untuk Travel
Ada beberapa fungsi dari membuat website perusahaan bagi travel yang Anda miliki, antara lain:
- Menampilkan profil perusahaan.
- Menjadi pusat informasi.
- Menampilkan layanan jasa/produk.
- Meningkatkan kredibilitas perusahaan.
- Meningkatkan brand awareness.
- Memperluas capaian pasar.
- Memudahkan pelanggan dan calon pelanggan menghubungi Anda.
- Menghadirkan pelayanan yang prima.
- Mengumpulkan database pelanggan.
- Menjadi sarana promosi yang up to date dan biaya rendah.
Dari sekian banyak fungsi website perusahaan di atas, kita akan coba fokus membahas bagaimana website bisa meningkatkan integritas perusahaan travel Anda.
Meningkatkan Kredibilitas Melalui Website Bagi Travel
Website yang profesional diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas bagi travel yang Anda kelola. Anda bisa memulai untuk membuat website dengan mengkaji bagaimana perusahaan lain merancang, mendesain, dan menjalankan website mereka secara profesional.Secara umum, website perusahaan yang profesional akan menampilkan profil perusaahaan travel secara umum. Siapa pendirinya, pemimpinya, pengurusnya, pembimbingnya, serta sejarah berdirinya. Semakin lengkap data yang ditampilkan, maka akan semakin terpercaya juga perusahaan travel Anda.Ada pula yang berpendapat bahwa brand ambasador yang direkrut dan dipajang fotonya di website dapat menaikkan kepercayaan pelanggan. Hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun, usahakan informasi yang ditampilkan jujur, tidak mengandung unsur kebohongan atau penipuan.Lalu, di halaman-halaman website Anda bisa menampilkan hal-hal berikut ini:
- Informasi umum. Berisi tentang informasi umum perusahaan travel Anda, kegiatan yang dilaksanakan, dan lain-lain.
- Layanan atau produk paket. Ini adalah laman yang penting dalam website perusahaan. Tampilkan produk dengan keterangan yang jelas. Jika ada perubahan atau paket wisata yang sudah tidak berlaku, Anda harus menghapusnya agar tidak ada komplain di kemudian hari.
- Kontak yang bisa dihubungi. Cantumkan alamat yang jelas, nomor telepon customer service, dll.
- Portofolio. Ini bisa berupa dokumentasi perusahaan seputar kelompok wisata yang sudah diberangkatkan, dokumentasi manasik, berita, dan track record lainnya berupa artikel, foto dan video.
- Testimoni pelanggan. Anda dapat menampilkan cerita-cerita serta testimoni pelanggan yang sudah pernah berangkat bersama jasa travel wisata Anda. Testimoni dipercaya dapat menaikkan kepercayaan konsumen.
- FAQ (Frequently Ask Question). Anda bisa membuat halaman khusus tanya jawab hal-hal yang sering ditanyakan berulang oleh para pengunjung website. Hal ini mempersingkat waktu Anda untuk menjawab pertanyaan mereka satu persatu.
Yang Harus Diperhatikan
Saat membuat website yang profesional untuk perusahaan Anda, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
- Gunakan domain berbayar. Menggunakan domain gratisan kurang menunjukkan bahwa website Anda benar-benar profesional. Cobalah berinvestasi untuk menggunakan domain berbayar serta membayar hosting untuk website Anda.
- Jaminan keamanan data pengunjung dan pelanggan. Gunakan SSL certificate, untuk mengamankan data pelanggan yang dimasukkan di website Anda.
- Membuat tampilan website yang profesional dan responsif. Usahakan jangan membuat desain website yang membuat bingung. Buatlah website yang mudah, bersih dari iklan-iklan yang mengganggu, dan responsif. Website dengan user interface yang memudahkan pelanggan untuk menjelajah website perusahaan Anda.
- Membuat konten berkualitas. Salah satu hal yang membuat website Anda terlihat aktif ialah dengan update konten yang berkualitas. Konten di sini dapat berupa tulisan, gambar, dan video yang diramu sesuai dengan kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization).
Gunakan software khusus travel wisata. Sebagai tambahan website perusahaan yang profesional, Anda bisa menggunakan software khusus travel wisata untuk mengelola travel wisata Anda secara profesional.