Masing-Masing perusahaan tentu mempunyai aset berupa data yang penting. Akan tetapi, tak sedikit perusahaan travel wisata yang tidak memperhatikan pengelolaan database pelanggan untuk kepentingan bisnis biro wisatanya. Padahal, database yang mereka kumpulkan dalam kurun waktu tertentu bisa saja mengalami kerusakan atau kehilangan apabila tidak dikelola dengan baik.
Terlebih bila pengelolaan masih bersifat manual, melalui kertas-kertas dan folder. Resiko akan kerusakan dan kehilangan data akan semakin besar, entah lantaran faktor termakan usia atau bencana seperti banjir dan kebakaran. Sangat diperlukan penyimpanan secara digital, agar data-data pelanggan Anda aman, dapat dipergunakan bila sewaktu-waktu diperlukan.
Cara Memulai Mengelola Database Pelanggan
Pertama, Anda harus melakukan pencatatan data pelanggan/ dengan baik. Usahakan data yang Anda catat cukup lengkap, mewakili profil pelanggan tersebut mulai dari nama, nama panggilan, umur, riwayat kesehatan, alamat, pekerjaan, nomor kontak, dan lain-lain. Semakin lengkap data yang Anda kumpulkan semakin bagus, tentunya sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Data ini bisa dikumpulkan dari form pendaftaran pelanggan yang mendaftar di kantor biro travel wisata Anda, bisa juga dari data yang dimasukkan ke website saat mereka melakukan pendaftaran lewat online.
Kedua, setelah Anda mengumpulkan data pelanggan, Anda bisa memasukkannya dalam kelompok-kelompok tertentu. Hal ini memudahkan Anda jika ingin memberikan promosi untuk pelanggan dengan kualifikasi tertentu. Anda juga bisa menandai pelanggan tertentu yang menjadi prioritas. Bukan berarti untuk membeda-bedakan pelayanan, namun hal ini terkait dengan dampak yang bisa diberikan pelanggan tersebut untuk bisnis kita. Semisal, pelanggan Anda merupakan pimpinan suatu perusahaan atau komunitas, maka Anda dapat memberikan penawaran khusus kepada pelanggan tersebut agar mereka mau memberikan arahan untuk karyawan atau anggota kelompok mereka untuk mendaftar paket wisata di biro travel wisata Anda.
Apa yang Diperlukan Bisnis Biro Wisata?
Untuk membuat database pelanggan tercatat dengan rapi, sebaiknya biro travel wisata menggunakan software khusus travel wisata yang bisa mengakomodir semua kebutuhan bisnis travel wisata. Software yang baik, ialah yang bisa mencakup selutuh hal yang dibutuhkan travel wisata mulai dari pencatatan database pelanggan, manajemen pengolahan data, manajemen transaksi, manajemen keuangan, manajemen SDM, hingga laporan keuangan yang sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Seluruh fitur tersebut hendaknya saling terintegrasi satu sama lain agar lebih efisien, sehingga Anda tak perlu menggunakan banyak software yang berbeda untuk setiap fitur yang Anda butuhkan.
Khusus untuk pengelolaan database pelanggan, Anda bisa menghemat banyak waktu bila bisa mendokumentasikannya secara digital dari awal. Simpan data penting Anda tersebut di server yang aman. Umumnya, software khusus travel tersebut sudah mengakomodir penyimpanan berbasis cloud computing.
Manfaat Database Pelanggan
Data merupakan aset. Data pelanggan merupakan aset intangible yang dimiliki perusahaan biro travel, yang mana data tersebut dapat diolah untuk beberapa keperluan, antara lain:
- Identifikasi pelanggan. Anda bisa mengenali pelanggan Anda melalui data yang Anda kumpulkan. Tak kenal maka tak sayang, dengan mengenal karakter dari tiap pelanggan Anda, anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan Anda.
- Mengambil keputusan bisnis. Data yang Anda punya merupakan sumber yang bisa diolah untuk membuat keputusan-keputusan bisns yang tepat untuk kemajuan bisnis Anda.
- Mendapatkan repeat order. Jika Anda mendata pelanggan Anda dengan serius, maka Anda sudah mempunyai potensi bisnis untuk memperoleh repeat order dari pelanggan lama Anda. Tingkatkan komunikasi Anda dengan pelanggan, berikan penawaran produk yang tepat untuk pelanggan Anda sehingga Anda dapat meningkatkan konversi penjualan paket secara mudah.
Mengingat manfaat yang cukup besar bagi kelangsungan bisnis Anda, pengelolaan database pelanggan ini perlu
Usahakan Ruang Penyimpanan Anda Cukup Aman
Seperti yang telah kami singgung di atas, data pelanggan ialah aset penting untuk perusahaan bisnis biro wisata yang mesti dijaga eksistensinya. Selalu pastikan tempat penyimpanan data digital Anda aman, tidak mudah bocor datanya. Solusinya, jangan menyimpan data Anda menggunakan aplikasi yang kurang bonafide. Selalu pilih sistem aplikasi yang baik, penyimpanannya aman, dan terpercaya. Bila Anda ingin menggunakan aplikasi yang demikian, Anda dapat mencoba software aplikasi travel wisata TravelSys. Hubungi kami sekarang, dan kami akan mengaktifkan paketnya untuk Anda!