Setiap perusahaan tentu memiliki aset berupa data yang penting. Namun, tak sedikit perusahaan travel wisata yang tidak memperhatikan pengelolaan database pelanggan demi kepentingan bisnis biro wisatanya. Sementara, database yang mereka kumpulkan dalam kurun waktu tertentu bisa saja mengalami kerusakan atau kehilangan apabila tidak dikelola dengan baik.

Terlebih jika pengelolaan masih bersifat manual, menggunakan kertas-kertas dan folder. Resiko akan kerusakan dan kehilangan data akan semakin besar, entah lantaran faktor dimakan usia atau bencana seperti banjir dan kebakaran. Sangat diperlukan penyimpanan secara digital, agar data-data pelanggan Anda aman, dapat digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan.
Kiat Memulai Mengelola Database Pelanggan
Pertama, Anda harus melakukan pencatatan data pelanggan/ dengan baik. Upayakan data yang Anda catatkan cukup lengkap, mencakup profil pelanggan tersebut mulai dari nama, nama panggilan, usia, rekaman kesehatan, alamat, pekerjaan, nomor kontak, dan lain-lain. Semakin lengkap data yang Anda kumpulkan semakin bagus, pastinya sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Data ini bisa dikumpulkan dari form pendaftaran pelanggan yang mendaftar di kantor biro travel wisata Anda, bisa juga dari data yang dimasukkan ke website ketika mereka melakukan pendaftaran lewat online.

Kedua, setelah Anda mengumpulkan data pelanggan, Anda bisa memasukkannya dalam kategori-kategori tertentu. Hal ini mempermudah Anda bila akan memberikan promosi kepada pelanggan dengan kualifikasi tertentu. Anda juga bisa menandai pelanggan tertentu yang menjadi prioritas. Bukan bermaksud untuk membeda-bedakan pelayanan, tetapi hal ini terkait dengan dampak yang dapat diberikan pelanggan tersebut untuk bisnis kita. Misalnya, pelanggan Anda adalah pimpinan sebuah perusahaan atau komunitas, maka Anda dapat memberikan penawaran khusus kepada pelanggan tersebut supaya mereka mau memberikan arahan kepada karyawan atau anggota kelompok mereka untuk mendaftar paket wisata pada biro travel wisata Anda.
Apa yang Dibutuhkan Bisnis Biro Wisata?
Untuk membuat database pelanggan tertata dengan rapi, ada baiknya biro travel wisata menggunakan software khusus travel wisata yang bisa mengakomodir seluruh kebutuhan bisnis travel wisata. Software yang baik, adalah yang bisa mencakup selutuh hal yang dibutuhkan travel wisata mulai dari pencatatan database pelanggan, manajemen pengolahan data, manajemen transaksi, manajemen keuangan, manajemen SDM, hingga laporan keuangan yang sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Seluruh fitur tersebut hendaknya saling terintegrasi satu sama lain agar lebih efisien, sehingga Anda tak harus menggunakan banyak software yang berbeda untuk setiap fitur yang Anda perlukan.
Khusus untuk pengelolaan database pelanggan, Anda dapat menghemat banyak waktu jika bisa mendokumentasikannya secara digital dari awal. Simpan data penting Anda tersebut di server yang aman. Umumnya, software khusus travel tersebut sudah mengakomodir penyimpanan berbasis cloud computing.
Manfaat Database Pelanggan
Data adalah aset. Data pelanggan merupakan aset intangible yang dipunyai perusahaan biro travel, yang mana data tersebut dapat diolah untuk beberapa kepentingan, diantaranya:
- Pengenalan pelanggan. Anda bisa mengenali pelanggan Anda melalui data yang Anda kumpulkan. Tak kenal maka tak sayang, dengan mengenal karakter dari tiap pelanggan Anda, anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pelanggan Anda.
- Mengambil keputusan bisnis. Data yang Anda miliki adalah sumber yang bisa diolah untuk membuat keputusan-keputusan bisns yang tepat demi kemajuan bisnis Anda.
- Mendapatkan repeat order. Jika Anda mendata pelanggan Anda dengan serius, maka Anda sudah memiliki potensi bisnis untuk memperoleh repeat order dari pelanggan lama Anda. Tingkatkan komunikasi Anda dengan pelanggan, berikan penawaran produk yang tepat untuk pelanggan Anda sehingga Anda bisa meningkatkan konversi penjualan paket secara mudah.
Mengingat manfaat yang cukup besar bagi kelangsungan bisnis Anda, pengelolaan database pelanggan ini perlu
Usahakan Ruang Penyimpanan Anda Cukup Aman
Seperti yang telah kami bahas di atas, data pelanggan merupakan aset penting bagi perusahaan bisnis biro wisata yang mesti dijaga eksistensinya. Selalu pastikan tempat penyimpanan data digital Anda aman, tidak mudah bocor datanya. Solusinya, jangan menyimpan data Anda menggunakan aplikasi yang kurang meyakinkan. Selalu pilih sistem aplikasi yang baik, penyimpanannya aman, dan terpercaya. Bila Anda ingin menggunakan aplikasi yang demikian, Anda bisa mencoba software aplikasi travel wisata TravelSys. Hubungi kami sekarang, dan kami akan mengaktifkan paketnya untuk Anda!
