Pernah mendengar tentang iklan soft selling?
Jika Anda baru berkecimpung di dunia marketing online untuk memasarkan produk paket wisata, sebaiknya Anda mulai melirik untuk menggunakan iklan soft selling sebagai metode penjualan Anda. Mengapa harus soft selling?

Mungkin, Anda masih merasa nyaman untuk memasarkan produk dengan menggunakan hard selling, yakni menawarkan langsung kepada konsumen paket-paket wisata Anda melalui banner ads, email, telepon, sms, landing page, flyer, dan sebagainya. Memang hard selling dapat menjual secara cepat, sebab konsumen yang memerlukan langsung mengetahui produk yang Anda jual.
Namun, di dunia marketing online, Anda dapat menghasilkan penjualan tanpa menjual lho! Caranya, ya menggunakan iklan soft selling. Jadi, intinya soft selling ialah teknik berjualan tanpa menjual/menawarkan kepada pelanggan. Anda bisa memasukkan iklan soft selling menggunakan konten yang bernilai yang Anda berikan kepada calon konsumen Anda.
Step by Step Teknik Beriklan Soft Selling
Jika Anda memutuskan untuk membuat iklan soft selling, maka Anda harus dapat menahan diri untuk tidak langsung berjualan. Namun, cobalah untuk memberikan value kepada konsumen Anda terlebih dahulu. Konsumen biasanya tertarik dengan hal-hal yang gratis, Anda dapat memberikan produk gratis di awal seperti ebook tentang panduan wisata, video tutorial, atau pemberian voucher potongan harga.

Iklan soft selling biasanya menggunakan langkah-langkah berikut:
- Buat konten yang mengundang banyak trafik. Contohnya, yang ingin Anda jual yakni paket umrah hemat 10 hari, maka Anda dapat mulai membuat konten-konten seperti gambar, artikel, video, ebook, yang berkaitan dengan paket wisata Anda tersebut.
- Jadikan pembaca atau peminat konten Anda pengikut setia. Anda bisa mengarahkan mereka untuk subscribe newsletter via email, agar mereka mengetahui postingan terbaru dari Anda.
- Bangun kepercayaan subscriber Anda dengan memberikan konten yang berkualitas.
- Berikan solusi kepada calon konsumen Anda dengan menawarkan produk yang Anda tawarkan.
Nah, jika Anda berhasil menggiring calon konsumen Anda untuk mengikuti konten yang Anda buat, berikan penawaran dengan sesingkat-singkatnya. Anda dapat memberitahukan keuntungan yang bisa mereka dapatkan bila mau membeli produk Anda. Anda juga bisa menyisipkan promosi` dengan membuat link di tengah-tengah konten yang Anda sajikan.
Penting untuk Diperhatikan
Sebelum menjual dengan teknik soft selling, handaknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Tentukan Target Market Anda
Sasaran market yang Anda bidik haruslah benar, sesuai dengan produk yang Anda jual. Anda dapat melaksanakan riset untuk retargetting pasar Anda. Indentifikasi sasaran pasar akan memberi kemudahan untuk Anda untuk memberikan produk yang tepat bagi konsumen Anda, dan juga memberikan nilai yang tepat bagi calon pelanggan Anda.
- Berikan Nilai Kepada Target Market
Bersingguangan dengan konten yang Anda bagikan, konten tersebut haruslah memberi nilai tambah bagi calon wisatawan Anda. Jangan sia-siakan konsumen Anda untuk membaca atau melihat konten yang tidak berkualitas, karena mereka akan segera meninggalkan konten Anda tanpa sempat sampai ke iklan soft selling di dalamnya.

- Tonjolkan Benefit Produk Paket Wisata Anda Secara Singkat
Nah, di tengah atau mendekati akhir konten, berikan highlight benefit paket wisata Anda dengan singkat sehingga pelanggan tahu tentang produk Anda langsung pada keuntungan yang didapatkan bila mereka mau memesan paket.
- Iklankan Konten Anda, Bukan Paket Wisata Anda
Ya, jika Anda sudah punya konten yang bagus dan Anda mau menggunakan iklan berbayar, maka yang perlu Anda iklankan ialah konten Anda, bukan langsung produk Anda. Karena, konten Anda yang mempunyai iklan soft selling akan menghasilkan penjualan tanpa Anda harus repot-repot menjual paket wisata Anda.
Itulah beberapa teknik)) ampuh menaikkan penjualan paket wisata menggunakan iklan soft selling yang dapat Anda terapkan ketika memasarkan produk Anda secara online. Selamat mencoba!
