Pernah mendengar tentang iklan soft selling?
Jika Anda baru berkecimpung di dunia pemasaran online untuk memasarkan produk paket wisata, hendaknya Anda mulai melirik untuk menggunakan iklan soft selling sebagai metode penjualan Anda. Mengapa harus soft selling?

Mungkin, Anda masih merasa nyaman untuk berjualan dengan menggunakan hard selling, yakni menawarkan langsung kepada konsumen paket-paket wisata Anda melalui banner ads, email, telepon, sms, landing page, flyer, dan sebagainya. Memang hard selling bisa menjual secara cepat, karena konsumen yang memerlukan langsung mengenal produk yang Anda pasarkan.
Namun, di dunia marketing online, Anda bisa menghasilkan penjualan tanpa menjual lho! Caranya, ya menggunakan iklan soft selling. Jadi, intinya soft selling ialah cara berjualan tanpa menjual/menawarkan kepada konsumen. Anda bisa memasukkan iklan soft selling menggunakan konten yang bernilai yang Anda berikan kepada calon konsumen Anda.
Step by Step Teknik Beriklan Soft Selling
Jika Anda memutuskan untuk membuat iklan soft selling, maka Anda harus dapat menahan diri untuk tidak melakukan hard selling. Namun, cobalah untuk memberikan value kepada konsumen Anda terlebih dahulu. Pelanggan biasanya tertarik dengan hal-hal yang gratis, Anda bisa memberikan produk gratis di awal seperti ebook tentang panduan wisata, video tutorial, atau pemberian voucher diskon.

Iklan soft selling biasanya menggunakan langkah-langkah berikut:
- Buat konten yang mengundang banyak trafik. Misalnya, yang ingin Anda pasarkan yakni paket umrah hemat 10 hari, maka Anda bisa mulai membuat konten-konten seperti gambar, artikel, video, ebook, yang berkaitan dengan paket wisata Anda tersebut.
- Jadikan pembaca atau peminat konten Anda pengikut setia. Anda bisa mengarahkan mereka untuk subscribe newsletter via email, agar mereka mengetahui postingan terbaru dari Anda.
- Bangun kepercayaan subscriber Anda dengan memberikan konten yang berkualitas.
- Berikan solusi kepada calon konsumen Anda dengan menawarkan produk yang Anda tawarkan.
Nah, bila Anda berhasil menggiring calon konsumen Anda untuk mengikuti konten yang Anda buat, berikan penawaran dengan sesingkat-singkatnya. Anda bisa memberitahukan laba yang bisa mereka peroleh bila mau membeli produk Anda. Anda juga bisa menyisipkan promosi` dengan membuat link di tengah-tengah konten yang Anda bagikan.
Penting untuk Diperhatikan
Sebelum menjual dengan teknik soft selling, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Tentukan Target Market Anda
Sasaran market yang Anda incar haruslah tepat, sesuai dengan produk yang Anda pasarkan. Anda dapat melaksanakan penelitian untuk retargetting market Anda. Indentifikasi sasaran market akan memberi kemudahan untuk Anda untuk memberikan produk yang tepat untuk konsumen Anda, dan juga memberikan nilai yang tepat bagi calon pelanggan Anda.
- Berikan Value Pada Target Market
Bersingguangan dengan konten yang Anda berikan, konten tersebut haruslah memberi nilai tambah kepada calon wisatawan Anda. Jangan sia-siakan pelanggan Anda untuk membaca atau melihat konten yang tak berkualitas, sebab mereka akan segera meninggalkan konten Anda tanpa melihat ke iklan soft selling di dalamnya.

- Tonjolkan Benefit Produk Paket Wisata Anda Secara Singkat
Nah, di tengah atau mendekati akhir konten, berikan highlight manfaat paket wisata Anda dengan singkat sehingga pelanggan tahu tentang produk Anda langsung pada keuntungan yang diperoleh bila mereka mau memesannya.
- Iklankan Konten Anda, Bukan Paket Wisata Anda
Ya, jika Anda sudah memiliki konten yang bagus dan Anda ingin memakai iklan berbayar, maka yang harus Anda iklankan adalah konten Anda, tidak langsung produk Anda. dikarenakan, konten Anda yang mempunyai iklan soft selling akan menghasilkan penjualan tanpa Anda harus repot-repot menjual paket wisata Anda.
Itulah beberapa cara)) ampuh menaikkan penjualan paket wisata menggunakan iklan soft selling yang bisa Anda terapkan ketika menjualkan produk Anda secara online. Selamat mencoba!