Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu metode pemasaran yang patut Anda coba ialah metode eksperiental marketing. Teknik marketing yang dipopulerkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita dapat membuat pelanggan jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, serta menjadi konsumen yang setia dengan melakukan pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menggunakan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Berdasarkan asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya memaksimalkan pengalaman pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati pelanggan tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena pelanggan mendapatkan sesuatu yang ia inginkan ada pada produk tersebut.
Berbicara mengenai pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen dapat sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat dipergunakan sebagai metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita cermati dalam eksperiental marketing aialah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan adalah yang utama. Sesuatu yang bisa diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, lantaran ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka konsumen membeli bukan lagi mengenai hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal bukan menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita terapkan dari metode ini, antara lain:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Bisnis Travel
Teknik marketing apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan serius. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan mengadakan seminar tentang berbagai keindahan wisata Indonesia. Anda bisa memaparkan kepada calon pelanggan tentang nilai kearifan lokal. Apa yang bisa mereka rasakan, kala berwisata.
Hadirkan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan berwisata, semisal dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan pada saat menjelajahi suatu tempat. Memberikan materi atau kajian mengenai destinasi wisata terbaik, berbagi kisah atau testimonial tentang wisata yang menyentuh, dan lain-lain. Sebagai penunjang, Anda dapat membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang bersinggungan dengan wisata. Usahakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berwisata yang mengesankan bisa tercapai. Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam rangka menerapkan teknik eksperiental marketing kepada travel wisata Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan untuk para pelanggan Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan kepada pelanggan Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel wisata yang kami desain khusus untuk Anda.