Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik marketing yang harus Anda coba adalah metode eksperiental marketing. Metode marketing yang diperkenalkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita bisa membuat pelanggan jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi konsumen yang setia dengan melalui pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menerapkan metode eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami ulas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Berdasarkan asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya memaksimalkan pengalaman pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati pelanggan tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, sebab konsumen mendapatkan sesuatu yang ia inginkan ada pada produk tersebut.
Berbicara tentang pengalaman, konsumen akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana pelanggan bisa sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat digunakan sebagai metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita pelajari dalam eksperiental marketing aialah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan ialah yang utama. Sesuatu yang bisa diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif konsumen terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, lantaran ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka pelanggan membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal tidak menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita terapkan dari metode ini, diantaranya:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel
Metode marketing apapun akan efektif jika dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda bisa mulai menerapkan teknik eksperimental ini dengan mengadakan seminar terkait berbagai keindahan wisata Indonesia. Anda dapat memaparkan kepada calon pelanggan tentang nilai kearifan lokal. Apa yang dapat mereka rasakan, ketika berwisata.
Ciptakan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan berwisata, semisal dengan memutar video-video yang sesuai dengan kegiatan pada saat menjelajahi suatu tempat. Memberikan materi atau kajian terkait destinasi wisata terbaik, berbagi kisah atau testimonial tentang wisata yang menyentuh, dan lain-lain. Sebagai penunjang, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang bersinggungan dengan wisata. Usahakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berwisata yang mengesankan bisa tercapai. Itulah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan teknik eksperiental marketing untuk travel wisata Anda. Bila Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan untuk para pelanggan Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan bagi pelanggan Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel wisata yang kami desain khusus untuk Anda.