Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang Anda jual. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu metode pemasaran yang patut Anda coba adalah metode eksperiental marketing. Metode marketing yang diperkenalkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional pelanggan. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".

Jadi, kita bisa membuat konsumen jatuh hati pada perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, serta menjadi konsumen yang setia dengan melalui pendekatan emosional berbasis pengalaman. Bagaimana cara menggunakan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami ulas secara detail pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Berdasarkan asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing berarti memaksimalkan pengalaman pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati konsumen tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, sebab konsumen mendapati sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.

Membahas mengenai pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen dapat sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba bisa digunakan untuk metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang dapat kita pelajari dalam eksperiental marketing aialah sebagai berikut:
- Pengalaman konsumen ialah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif konsumen terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, karena ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka konsumen membeli bukan lagi mengenai hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal tidak menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita gunakan dari metode ini, antara lain:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel
Teknik pemasaran apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan mengadakan seminar tentang berbagai keindahan wisata Indonesia. Anda bisa memaparkan kepada calon pelanggan tentang nilai kearifan lokal. Apa yang dapat mereka rasakan, ketika berwisata.

Hadirkan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan berwisata, semisal dengan memutar video-video yang sesuai dengan kegiatan pada saat menjelajahi suatu tempat. Memberikan materi atau kajian terkait destinasi wisata terbaik, berbagi kisah atau testimonial tentang wisata yang menyentuh, dan lain-lain. Untuk penunjang, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang berkaitan dengan wisata. Upayakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga usaha untuk menghadirkan pengalaman berwisata yang mengesankan dapat tercapai. Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan teknik eksperiental marketing kepada travel wisata Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan untuk para pelanggan Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah serta menyenangkan bagi pelanggan Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel wisata yang kami desain khusus untuk Anda.
