SEO Marketing Travel Wisata - Penjualan adalah tujuan utama sebuah kampanye atau promosi bisnis. Suatu promosi yang dijalankan, diharapkan bisa menggiring konsumen agar melakukan pembelian. Begitu pula dengan penjualan di biro wisata Anda.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain dengan menggunakan sosial media marketing dan SEO marketing. Untuk pemula, mungkin cara ini cukup rumit untuk dilakukan. Tapi, semua prosesnya tinggal dijalani dan Anda akan merasakan hasilnya nanti.
Berkenalan dengan SEO Marketing
Apa sih, yang disebut dengan SEO marketing? Mudahnya ialah teknik marketing dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri adalah teknik khusus yang diterapkan untuk membuat suatu website atau blog untuk masuk pada halaman pertama pencarian (SERP/Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang telah dibuatkan.
Ketika kita membuat suatu konten, entah itu artikel di blog, atau bentuk postingan lain seperti gambar dan video, maka konten tersebut bisa dioptimasi menggunakan SEO sehingga tercapai tujuannya seperti yang telah kita bahas di atas.
Lalu, apa tujuan SEO marketing? Apakah teknik SEO marketing ini penting untuk diterapkan?
Tujuan SEO Marketing
Tujuan dari SEO marketing adalah membuat bisnis kita dikenal lewat konten-konten yang kita buat. Setiap perusahaan yang menggunakan website, penting hukumnya untuk melakukan optimasi SEO dan menggunakan SEO marketing agar bisnisnya dapat berkembang.
Banyak yang menilai, bahwa teknik SEO adalah cara yang cukup memakan waktu. Ibaratnya, kalau kita terapkan SEO marketing saat ini, belum tentu besok langsung ada yang membeli produk/jasa kita.
Lain halnya jika kita menggunakan teknik Social Media Marketing, yang cukup cepat hasilnya. Anda harus bersabar untuk menerima hasilnya, mungkin butuh waktu beberapa bulan bahkan tahunan supaya Anda dapat jadi yang terdepan.
Meski demikian, teknik ini tetap memiliki keunggulan. Sebab, dengan melakukan optimasi, Anda akan bisa menggaet jumlah trafik yang lebih besar, bisa digunakan untuk banyak tujuan, dan juga bisa diarahkan ke corong penjualan yang telah disediakan.
Adakalanya saat kita mengoptimasi sebuah postingan, tujuan kita berbagai macam, contohnya:
- Meningkatkan brand awareness
- Mengedukasi calon konsumen
- Menaikkan jumlah trafik website
- Menebar manfaat kepada calon pelanggan
- Meningkatkan penjualan
- dsb.
Intinya, SEO marketing bisa diterapkan untuk berbagai tujuan. Kita dapat menggunakannya untuk meningkatkan bisnis biro travel wisata yang kita kelola.
SEO Marketing untuk Wisata
Nah, bagaimana penerapan SEO marketing untuk bisnis wisata Anda? Pastinya, diperlukan ketekunan untuk menggunakan teknik yang satu ini hingga menghasilkan kenaikkan penjualan paket wisata Anda.
Langkah pertama ialah Anda harus melakukan riset keyword. Gunakanlah data yang Anda punya untuk menghasilkan kata kunci yang tepat. Anda dapat memulainya dengan mengenali siapa konsumen Anda dan informasi apa yang sering mereka cari di mesin pencari.
Kedua, sesuaikan konten dengan target market yang Anda incar. Bila yang anda targetkan ialah orang yang gemar travelling, maka pakailah bahasa yang gaul dan santai dalam membuat konten yang akan dioptimasi. Jangan sampai Anda keluar jalur, sehingga apa yang Anda buat tidak sesuai sasaran.
Ketiga, gunakan tools dan plugin yang dibutuhkan untuk keperluan SEO Anda. Selipkan iklan dengan cara yang halus menggunakan soft selling.
Keempat, optimalkan Landing Page untuk Leads Magnet Anda. Anda dapat memasukkan pop up khusus untuk mengarahkan calon pelanggan Anda untuk terhubung dengan corong penjualan Anda, semisal dengan membuat leads magnet berupa ebook atau ecourse gratis kepada calon (klien|pelanggan)). Anda bisa mendapatkan database email ataupun nomor kontak mereka, sehingga Anda dapat mengarahkannya untuk melakukan pembelian suatu hari nanti.
Cara Praktis Menjalankan SEO Marketing Wisata
Bila Anda tidak terlalu memahami terkait SEO, maka solusinya ialah merekrut SDM yang berkompeten untuk menanganinya di bisnis Anda. Anda mungkin saja dapat menguasai SEO dengan cepat, tapi pada prakteknya, Anda harus menjalankan teknik ini secara konsisten dalam jangka waktu yang tidak sebentar.
Oleh sebab itu, Anda bisa menyerahkannya kepada karyawan yang berkompeten, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalankan marketing travel wisata Anda.
Bila Anda ingin mengoptimalkan SEO di bisnis Anda, maka Anda membutuhkan website yang user friendly dan responsif agar strategi ini tercapai. Gunakan software travel wisata yang canggih dan mudah digunakan untuk hasil yang terbaik.