SEO Marketing Travel Wisata - Penjualan adalah tujuan utama sebuah kampanye atau promosi bisnis. Suatu promosi yang dijalankan, diharapkan dapat menggiring konsumen agar melakukan pembelian. Begitu pula dengan penjualan di biro wisata Anda.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain dengan menggunakan sosial media marketing dan SEO marketing. Bagi pemula, mungkin teknik ini cukup sulit untuk dilakukan. Tapi, semua prosesnya perlu dijalani dan Anda akan merasakan hasilnya nanti.
Berkenalan dengan SEO Marketing
Apa sih, yang disebut dengan SEO marketing? Mudahnya ialah teknik marketing dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri adalah teknik khusus yang diterapkan untuk membuat suatu website atau blog untuk masuk pada halaman pertama pencarian (SERP/Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang telah dibuatkan.
Ketika kita membuat suatu konten, entah itu artikel di blog, atau bentuk postingan lain yaitu gambar dan video, maka konten tersebut bisa dioptimasi menggunakan SEO sehingga tercapai tujuannya seperti yang telah kita bahas di atas.
Lalu, apa sih tujuan SEO marketing? Apakah benar teknik SEO marketing ini wajib untuk dilakukan?
Tujuan SEO Marketing
Tujuan dari SEO marketing adalah membuat bisnis kita dikenal karena konten-konten yang kita buat. Setiap perusahaan yang menggunakan website, penting hukumnya untuk melakukan optimasi SEO dan menggunakan SEO marketing agar bisnisnya bisa berkembang.
Banyak yang menilai, bahwa teknik SEO adalah cara yang cukup memakan waktu. Ibaratnya, kalau kita gunakan SEO marketing sekarang, belum tentu besok langsung ada yang membeli produk/jasa kita.
Berbeda halnya bila kita menggunakan teknik Social Media Marketing, yang cukup cepat hasilnya. Anda harus bersabar untuk menerima hasilnya, mungkin butuh waktu berbulan-bulan bahkan tahunan agar Anda bisa jadi yang terdepan.
Walau demikian, teknik ini tetap mempunyai keunggulan. Karena, dengan melakukan optimasi, Anda akan bisa menggaet jumlah trafik yang lebih besar, dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dan juga dapat diarahkan ke corong penjualan yang telah disediakan.
Adakalanya ketika kita mengoptimasi sebuah postingan, tujuan kita beragam, contohnya:
- Meningkatkan brand awareness
- Mengedukasi calon konsumen
- Menaikkan jumlah trafik website
- Menebar manfaat kepada calon pelanggan
- Meningkatkan penjualan
- dsb.
Intinya, SEO marketing bisa diterapkan untuk berbagai tujuan. Kita bisa menggunakannya untuk meningkatkan bisnis biro travel wisata yang kita jalankan.
SEO Marketing untuk Wisata
Nah, bagaimana penerapan SEO marketing untuk travel wisata Anda? Tentunya, diperlukan ketekunan untuk menggunakan teknik yang satu ini sampai menghasilkan peningkatan penjualan paket wisata Anda.
Langkah pertama adalah Anda harus melakukan riset keyword. Gunakan data yang Anda miliki untuk menghasilkan kata kunci yang tepat. Anda bisa memulainya dengan mengenal siapa konsumen Anda dan informasi apa yang biasa mereka cari di mesin pencari.
Kedua, sesuaikan konten dengan target market yang Anda bidik. Bila yang anda targetkan adalah orang yang gemar travelling, maka gunakanlah bahasa yang gaul dan santai dalam membuat konten yang akan dioptimasi. Jangan sampai Anda keluar jalur, sehingga apa yang Anda buat tidak sesuai sasaran.
Ketiga, gunakan tools dan plugin yang dibutuhkan untuk kebutuhan SEO Anda. Selipkan iklan dengan cara yang halus dengan soft selling.
Keempat, maksimalkan Landing Page untuk Leads Magnet Anda. Anda dapat memasukkan pop up khusus untuk mengarahkan calon klien Anda agar terhubung dengan corong penjualan Anda, misalnya dengan membuat leads magnet berupa ebook atau ecourse gratis kepada calon (klien|pelanggan)). Anda bisa memperoleh database email ataupun nomor kontak mereka, sehingga Anda dapat mengarahkannya untuk melakukan pembelian suatu hari nanti.
Cara Praktis Menjalankan SEO Marketing Wisata
Bila Anda tidak terlalu memahami tentang SEO, maka solusinya adalah merekrut SDM yang berkompeten untuk menanganinya di bisnis Anda. Anda mungkin saja bisa menguasai SEO dengan cepat, namun pada prakteknya, Anda perlu menjalankan teknik ini secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.
Oleh sebab itu, Anda bisa mendelegasikannya kepada karyawan yang berkompeten, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalankan marketing travel wisata Anda.
Bila Anda ingin mengoptimalkan SEO di bisnis Anda, maka Anda memerlukan website yang user friendly dan responsif supaya strategi ini berhasil. Gunakan software travel wisata yang canggih dan mudah digunakan untuk hasil yang terbaik.