SEO Marketing Travel Wisata - Penjualan merupakan tujuan utama sebuah kampanye atau promosi bisnis. Suatu promosi yang dijalankan, diharapkan dapat menggiring pelanggan untuk melakukan pembelian. Begitu juga dengan penjualan di biro wisata Anda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain dengan menggunakan sosial media marketing dan SEO marketing. Bagi pemula, mungkin teknik ini cukup rumit untuk dilakukan. Tapi, semua prosesnya tinggal dijalani dan Anda akan merasakan hasilnya nanti.
Berkenalan dengan SEO Marketing
Apa sih, yang disebut dengan SEO marketing? Simpelnya ialah teknik marketing dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri adalah teknik khusus yang digunakan untuk membuat suatu website atau blog untuk masuk pada halaman pertama pencarian (SERP/Search Engine Result Page) sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan.

Saat kita membuat suatu konten, entah itu artikel di blog, atau bentuk postingan lain seperti gambar dan video, maka konten tersebut dapat dioptimasi menggunakan SEO sehingga tercapai tujuannya seperti yang telah kita bahas di atas.
Lalu, apa sih tujuan SEO marketing? Apakah benar teknik SEO marketing ini penting untuk dilakukan?
Tujuan SEO Marketing
Tujuan dari SEO marketing ialah membuat bisnis kita dikenal lewat konten-konten yang kita buat. Setiap perusahaan yang menggunakan website, wajib hukumnya untuk melakukan optimasi SEO dan menerapkan SEO marketing agar bisnisnya dapat berkembang.
Banyak yang menilai, bahwa teknik SEO merupakan cara yang cukup memakan waktu. Ibaratnya, kalau kita gunakan SEO marketing saat ini, belum bisa dipastikan besok langsung ada yang beli produk/jasa kita.

Berbeda halnya jika kita menggunakan teknik Social Media Marketing, yang cukup cepat hasilnya. Anda mesti bersabar untuk menerima hasilnya, mungkin perlu waktu beberapa bulan bahkan tahunan supaya Anda dapat jadi yang terdepan.
Walau demikian, teknik ini tetap mempunyai keunggulan. Karena, dengan melakukan optimasi, Anda akan dapat menggaet jumlah trafik yang lebih besar, bisa digunakan untuk berbagai tujuan, dan juga bisa diarahkan ke corong penjualan yang telah disediakan.
Adakalanya ketika kita mengoptimasi sebuah postingan, tujuan kita berbagai macam, contohnya:
- Meningkatkan brand awareness
- Mengedukasi calon pelanggan
- Menaikkan jumlah trafik website
- Menebar manfaat kepada calon pelanggan
- Meningkatkan penjualan
- dsb.
Intinya, SEO marketing dapat digunakan untuk macam-macam tujuan. Kita dapat menggunakannya untuk meningkatkan bisnis biro travel wisata yang kita jalankan.
SEO Marketing untuk Wisata
Nah, bagaimana penerapan SEO marketing untuk travel wisata Anda? Tentunya, diperlukan ketekunan untuk menggunakan teknik yang satu ini hingga menghasilkan kenaikkan penjualan paket wisata Anda.
Langkah pertama yakni Anda harus melakukan riset keyword. Gunakan data yang Anda punya untuk menghasilkan kata kunci yang tepat. Anda dapat memulainya dengan mengenal siapa konsumen Anda dan informasi apa yang biasa mereka cari pada mesin pencari.

Kedua, sesuaikan konten dengan target pasar yang Anda incar. Jika yang anda bidik adalah orang yang gemar travelling, maka gunakanlah bahasa yang gaul dan santai dalam membuat konten yang akan dioptimasi. Jangan sampai Anda keluar jalur, sehingga apa yang Anda buat tidak tepat sasaran.
Ketiga, gunakan tools dan plugin yang dibutuhkan untuk kebutuhan SEO Anda. Selipkan iklan dengan cara yang halus menggunakan soft selling.
Keempat, maksimalkan Landing Page untuk Leads Magnet Anda. Anda bisa memasukkan pop up khusus untuk mengarahkan calon pelanggan Anda agar terhubung dengan corong penjualan Anda, misalnya dengan membuat leads magnet berupa ebook atau ecourse gratis kepada calon (klien|pelanggan)). Anda bisa memperoleh database email maupun nomor kontak mereka, sehingga Anda dapat mengarahkannya untuk melakukan pembelian suatu hari nanti.
Cara Praktis Menjalankan SEO Marketing Wisata
Bila Anda tidak terlalu memahami tentang SEO, maka solusinya ialah merekrut karyawan yang berkompeten untuk menanganinya di travel Anda. Anda mungkin saja dapat menguasai SEO dengan cepat, tapi pada prakteknya, Anda perlu menjalankan teknik ini secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, Anda dapat menyerahkannya kepada karyawan yang berkompeten, sehingga Anda dapat fokus untuk menangani marketing travel wisata Anda.
Jika Anda ingin memaksimalkan SEO di bisnis Anda, maka Anda membutuhkan website yang user friendly dan responsif agar strategi ini tercapai. Gunakan software travel wisata yang canggih dan mudah digunakan untuk hasil yang terbaik.
