Sebagian banyak orang mungkin merasa asing dengan istilah cloud computing atau komputasi awan.
Perkembangan teknologi yang satu ini, adalah solusi bagi mereka yang melakukan bisnis secara online.

Banyak yang mengadopsi cloud computing untuk model bisnis mereka, meskipun belum semua pengusaha paham tentang keuntungan penggunaan cloud computing bagi bisnis, termasuk bisnis travel dan biro travel wisata.

image (49).jpg

Semakin berkembangnya zaman dengan pesat, menggunakan sistem komputer yang tidak terhubung ke internet (offline) sudah semakin jauh ditinggalkan.

Pada masa ini, semua serba mudah dengan dukungan jaringan internet sehingga kita bisa dengan mudah berbagi dokumen penunjang pekerjaan dengan rekan kerja maupun tim kita hanya dengan modal gadget (laptop dan smartphone) dan koneksi internet.

Sayangnya, tidak semua gadget yang terhubung dengan internet menggunakan sistem cloud computing.

Nah, untuk lebih jelasnya, TravelSys sudah menyediakan artikel yang akan membahas secara terperinci mengenai sistem cloud computing untuk bisnis Anda.

Apa Itu Cloud Computing?

Istilah "cloud" dalam cloud computing muncul dari penggambaran sistem komputer yang terhubung dengan internet.

Dalam pengoperasiannya, komputer dijalankan dengan Random Access Memory(RAM), Central Processing Unit(CPU), storage dan sistem operasi.

Hubungannya dengan sistem online, storage yang berada di internet digambarkan berada di atas komponen lainnya dan terlihat mengambang seperti awan.

Maka, istilah komputasi awan menjadi gambaran yang tepat untuk sistem online yang memusatkan datanya pada server internet.

image (50).jpg

Singkatnya, cloud computing itu menggabungkan antara teknologi komputer dengan sistem penyimpanan menggunakan jaringan internet.

Salah satu contoh dari penggunaan cloud computing yang akrab dengan kegiatan sehari-hari kita adalah penggunaan Gmail dan Google Drive.

Ketika kita mengakses dokumen di Google Drive, maka di waktu yang sama orang lain bisa mengakses file kita saat Anda beri link file/dokumen tersebut.

Social media yang akrab kita gunakan seperti Facebook, Instagram dan Twitter sebetulnya juga memakai sistem cloud computing ini.

Namun, secara terperinci keuntungan/manfaat penggunaan cloud computing ini akan kita bahas (pada|di)) poin berikutnya.

5 Keuntungan Menggunakan Cloud Computing Bagi Bisnis

Di masa serba online seperti sekarang ini, menggunakan cloud computing untuk bisnis adalah suatu kelaziman.

Justru, apabila bisnis Anda belum menggunakannya maka bisa dikatakan bisnis Anda masih ketinggalan zaman.

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda rasakan dari sistem cloud computing :

1. Membuat Pengelolaan Bisnis Anda Fleksibel

Saat bisnis Anda memutuskan untuk menggunakan sistem online, maka Anda pasti akan bersentuhan langsung dengan teknologi cloud computing ini.

image (51).jpg

Anda akan jauh lebih mudah mengelola bisnis Anda dari mana saja & kapan saja berkat penyimpanan awan, karena seluruh dokumen Anda bisa diakses dengan mudah melalui sistem login sehingga membuat tim Anda bisa|dapat|mampu| bekerjasama secara daring.

Tentunya ini akan membuat bisnis Anda sangat fleksibel. Karyawan tak perlu datang ke kantor untuk mengurus bisnis, semua dokumen yang biasanya harus diolah di satu komputer dan dicetak kini hanya perlu diubahsuaikan pada gadget masing-masing dan dikirim soft file-nya.

Hal ini tentu saja berimbas ke banyak hal, seperti menekan biaya operasional yang harus Anda keluarkan ketika Anda belum mengadopsi sistem cloud computing untuk bisnis Anda.

Dengan fleksibilitas yang tinggi, diharapkan staff karyawan semakin produktif untuk melakukan tugas-tugas kantor & meningkatkan pula penghasilan bisnis travel Anda.

2. Efisiensi Biaya dan Waktu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan menggunakan sistem online Anda dapat menghemat banyak hal. Anda tidak perlu mengadakan storage fisik atau hard disk untuk menyimpan data-data Anda.

Bisnis yang sedang bertumbuh tentu kerepotan ketika bisnisnya sudah semakin besar.

Banyak data yang harus disimpan, dibagi, dan dibuka kembali suatu saat. Sistem pengarsipan manual mungkin dirasa efektif, namun mengenai keamanan datanya sangat beresiko untuk tercecer bahkan hilang.

image (52).jpg

Oleh karena itu, penyimpanan secara fisik memerlukan biaya yang besar. Belum lagi jika hard disk yang Anda gunakan rusak, Anda dapat kehilangan data selamanya dan mengeluarkan biaya lagi untuk pengadaan hard disk baru.

Sedangkan untuk sistem cloud computing, sistem dan data Anda dapat disimpan di server online dengan keamanan data yang canggih serta resiko kehilangan data yang minim.

Penggunaannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih efisien biaya & waktu yang dibutuhkan untuk mengurusnya.

3. Scalable

Keunggulan lain sistem online menggunakan cloud computing adalah ia scalable alias mempunyai skalabilitas yang tinggi.

Jika sekarang bisnis Anda memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar, Anda hanya perlu melakukan upgrade ke storage yang lebih besar.

Begitu pula jika Anda sudah tidak memerlukan lagi yang besar, maka Anda tinggal melakukan downgrade.

Spesifikasi yang dapat Anda sesuaikan ini tidak memerlukan banyak waktu, karena Anda hanya perlu menghubungi penyedia layanan untuk menambahkan atau mengurangi kapasitas ruang penyimpanan yang Anda butuhkan.

Tentunya, Anda harus membayar lebih apabila perusahaan Anda memerlukan kapasitas yang cukup besar.

4. Keamanan Data Lebih Baik

Permasalahan yang dihadapi setiap bisnis, baik yang sudah besar maupun masih kecil (start up) adalah masalah keamanan data.

Data perusahaan dan data pelanggan/customer bersifat rahasia, akan sangat rawan dicuri dan disalahgunakan.

image (53).jpg

Sistem cloud computing menawarkan penyimpanan data yang aman, dilindungi dengan berbagai perlindungan dasar seperti proses otentifikasi, kontrol akses dan enkripsi data.

Provider juga ada yang menawarkan perlindungan ekstra untuk mengakses informasi sensitif yang tersimpan di cloud.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengupayakan perlindungan tambahan agar data pelanggan tetap aman dari kejahatan dunia maya (cyber crime).

5. Investasi Bisnis dengan Return yang Maksimal

Anda mungkin tak percaya bahwa Anda bisa menghemat banyak hal dengan menggunakan sistem cloud computing.

Namun, saat sudah memakainya, Anda akan menyadari bahwa investasi yang Anda keluarkan sangat kecil apabila dibandingkan dengan return yang Anda dapatkan nantinya saat bisnis Anda melesat & tumbuh dengan cepat melalui dukungan sistem online.

Anda tidak perlu berinvestasi banyak pada hardware, cukup manfaatkan fitur upgrade & downgrade saja di provider Anda.

Penggunaan Cloud Computing untuk Bisnis Travel 

Setelah memahami seputar cloud computing, Anda tentu mulai berpikir, bagaimanakah penerapan sistem cloud computing untuk bisnis travel dan yang Anda kelola?

Jawabannya adalah sistem ini sangat penting Anda gunakan untuk menghadapi persaingan bisnis di masa mendatang.

WhatsApp Image 2022-06-14 at 14.33.38.jpeg

Anda bisa memanage bisnis Anda dengan lebih baik, fleksibel, menghemat biaya & waktu, bahkan Anda dapat menyelamatkan data-data penting perusahaan agar bisa tersimpan rapi dalam sistem cloud.

Anda perlu memilih sistem yang terbaik untuk bisnis Anda. Jangan salah pilih ya, sistem yang baik ialah investasi jangka panjang yang sangat baik untuk perusahaan Anda.

Bila saat ini Anda merasa sudah cukup menggunakan platform gratisan, Anda perlu memikirkan bahwa bisa saja platform-platform tersebut suatu saat mengalami kemunduran & akhirnya sistem Anda juga ikut hilang.

Sistem Travel Terbaik TravelSys Juga Menggunakan Cloud Computing

Kami menyarankan Anda untuk segera beralih ke sistem online khusus travel wisata yang terlengkap dan terbaik dari TravelSys. TravelSys adalah sistem manajemen travel terbaik yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, dengan memakai sistem cloud computing yang canggih dan terjamin keamanan datanya.

Anda tak perlu repot mengurus semua operasional kantor dengan komputer Anda. Dengan menggunakan TravelSys, Anda bisa fleksibel menjalankan bisnis dari mana saja untuk bersaing dengan kompetitor Anda.

Segera gunakan sistem yang dapat menunjang bisnis Anda & menambah revenue perusahaan travel Anda. Semakin Anda menunda, maka semakin tertinggal bisnis Anda dari kompetitor Anda.

Semoga artikel tentang cloud computing & sistem travel online ini dapat membantu mengembangkan penegtahuan Anda agar bisnis Anda semakin sukses & maju.

 

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
cloud computing
Twit Terbaru
Facebook TravelSys
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap cloud computing

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, cloud computing

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami