Ini Dia Strategi Email Marketing yang Bisa Anda Terapkan di Bisnis Travel Anda - Marketing atau pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan hasil berupa sales atau tujuan komersial lainnya.
Apabila perusahaan travel Anda sudah lama berdiri, tentu ada banyak macam cara pemasaran produk yang memerlukan anggaran khusus. Namun, jika perusahaan travel Anda baru merintis, tak ada salahnya mencari berbagai macam cara marketing yang murah dan efektif.
Anda dapat menggunakan strategi email marketing untuk memasarkan produk travel Anda. Email merupakan jalur berkomunikasi dengan pelanggan yang efektif, sebab semua orang yang mempunyai smartphone dan media sosial pasti memiliki email (minimal untuk mendaftarkan akun sosial mereka).
Sebagian besar orang yang telah membuat email, pasti ada yang menggunakan satu akunnya untuk mendaftar di website untuk berlangganan newsletter, mendownload ebook, mendapatkan kupon diskon, mendaftar di marketplace, atau kebutuhan lainnya.
Biasanya, mereka juga membaca email-email yang bersifat promosi, tertarik untuk membeli, mencari informasi dan akhirnya terjadi pembelian produk. Bila dilihat dengan kondisi tersebut, peluang untuk memasarkan produk paket wisata melalui email masih terbuka lebar.
Tak hanya mendapat customer baru, bahkan memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan loyal dari email marketing yang Anda lakukan! Bagaimana rahasianya agar strategi email marketing ini bisa diterapkan dalam bisnis travel Anda? Mari simak jawabannya dalam poin-poin berikut ini:
Mengenal Jenis-jenis Email Marketing
Sebelum masuk pada strategi email marketing, langkah awal ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis email marketing. Anda dapat menggunakan semuanya, atau memillih beberapa yang Anda butuhkan.
Email Undangan
Email undangan ini bisa berupa undangan untuk menghadiri event yang travel wisata Anda selenggarakan. Misalnya, travel Anda mengadakan program workshop seputar pariwisata secara gratis. Anda bisa mengundang calon customer Anda di mana peluang untuk mempromosikan usaha Anda cukup besar dengan mengadakan pertemuan langsung.
Atau bila Anda memilih untuk menyelenggarakan seminar secara online (webinar), maka Anda tinggal memberikan undangan kepada mereka kapan seminar itu dilaksanakan dan link untuk akses webinar Anda. Seringkali, webinar gratis cukup diminati oleh orang yang tidak ingin repot keluar rumah.
Email Serial
Email serial merupakan salah satu feedback dari perusahaan kepada calon customer yang ingin mendaftar di website melalui form optin. Pada umumnya, email serial ini dikirimkan secara otomatis dengan jumlah email tertentu, waktu tertentu, dan kepada pelanggan tertentu saja.
Email serial ini lebih efisien jika dikirimkan dengan autoresponder email, sehingga Anda hanya perlu melakukan otomasi dalam pengirimannya.
Email Newsletter
Newsletter merupakan email yang dikirimkan secara rutin untuk membagikan wawasan kepada pelanggan. Biasanya berisi artikel atau link artikel yang bermanfaat bagi pelanggan. Apabila dalam konteks bisnis travel maka email newsletter yang tepat berisi konten seputar wisata.
Email Penawaran
Email penawaran adalah email yang berisi penawaran produk. Sebenarnya, email ini bisa dibuat secara khusus sebagai media promosi (hardselling) ataupun secara terselubung (softselling). Tinggal bagaimana Anda menyusunnya sehingga menjadi email yang menarik.
Dan jangan lupa gunakan copywriting untuk menulis email penawaran yang tidak terlalu terkesan "berjualan".
Tips Agar Email Anda Dibaca Calon Pelanggan
Sebelum memulai email marketing, Anda tentu harus mengumpulkan dulu database email untuk Anda kirimi email. Ya, kalau belum banyak database Anda, harus digali kembali dengan menggunakan lead magnet yang menarik. Anda dapat memperoleh database dari mana saja, contohnya seperti dari website, landing page, media sosial, dan sebagainya.
Berikut ini tips agar email Anda tidak diabaikan oleh pelanggan Anda.
Menulis Subject yang Menarik
Subject merupakan pintu bagi email Anda. Semakin menarik "pintu" tersebut, peluang untuk mendapat perhatian dari pelanggan untuk membuka dan membaca seluruh email Anda menjadi lebih besar.
Anda sebaiknya meluangkan waktu khusus untuk membuat subject email Anda. Subject sudah seharusnya singkat dan membuat penasaran. Apalagi sekarang ini banyak orang yang membaca email mereka di smartphone. Maka gunakan subject sesingkat mungkin agar bisa membuat customer Anda sejenak meluangkan waktu untuk membaca email dari perusahaan Anda.
Tampilan Email
Buatlah tampilan email yang rapi dan mudah dibaca. Menggunakan paragraf panjang seperti novel hanya akan membuat pelanggan Anda lelah dan bosan. Cobalah buat lebih singkat dengan membuat paragraf pendek untuk email Anda.
Jangan pula terlalu banyak menyisipkan gambar yang berat, karena akan menyulitkan pelanggan Anda untuk membuka email Anda.
Konten dan Bahasa untuk Email Marketing
Bila Anda membuat email yang berisi konten artikel, maka Anda tentunya harus memperhatikan bahasa Anda. Sesuaikan dengan target market Anda. Apabila yang membaca email Anda adalah kalangan berusia lanjut, ya jangan memakai bahasa gaul. Selain itu, gunakanlah bahasa yang sopan agar pelanggan Anda merasa nyaman.
Pelajari Call to Action yang Efektif
Dalam setiap email Anda, sertakan Call to Action (CTA) yang efektif. CTA adalah jalan pintas agar pelanggan Anda bisa menghubungi Anda untuk suatu tujuan, misalnya bertanya tentang produk Anda lebih jauh atau memesan paket umrah yang Anda tawarkan.
Itulah strategi email marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis travel umroh Anda. Semoga bermanfaat.
Jika Anda ingin mengumpulkan database target market Anda, Anda bisa menggunakan website yang didukung oleh sistem travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys.
Hubungi kami dan kami akan membantu Anda menemukan solusi pemasaran bisnis travel yang jauh lebih lebih baik lagi untuk Anda.