Ini Dia Strategi Email Marketing yang Bisa Anda Terapkan di Bisnis Travel Anda - Marketing atau pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar memperoleh hasil berupa sales maupun tujuan komersial lainnya.
Bila perusahaan Anda sudah lama berdiri, tentunya terdapat berbagai pilihan cara pemasaran produk yang membutuhkan dana khusus. Namun, jika perusahaan Anda baru merintis, tak ada salahnya mencari berbagai macam cara marketing yang murah dan efektif.
Anda dapat memilih strategi email marketing untuk mempromosikan produk travel Anda. Email merupakan jalur berkomunikasi dengan pelanggan yang efektif, dikarenakan semua orang yang mempunyai smartphone dan media sosial pasti mempunyai email (minimal untuk mendaftarkan akun sosial mereka).
Sebagian besar orang yang sudah pernah membuat email, tentu ada yang menggunakan satu akunnya untuk mendaftar di website untuk berlangganan newsletter, mendownload ebook, mendapatkan kupon diskon, mendaftar di marketplace, atau kebutuhan lainnya.
Biasanya, mereka juga membaca email-email yang bersifat promosi, tertarik untuk membeli, mencari informasi dan akhirnya terjadi pembelian produk. Apabila dilihat dengan kondisi tersebut, peluang untuk memasarkan produk paket wisata melalui email masih sangat terbuka lebar.
Tak hanya mendapat pelanggan baru, bahkan memungkinkan Anda memilki pelanggan loyal dari email marketing yang Anda lakukan! Bagaimana rahasianya agar strategi email marketing ini bisa diterapkan dalam bisnis travel Anda? Mari simak jawabannya dalam poin-poin berikut ini:
Mengenal Jenis-jenis Email Marketing
Sebelum membahas strategi email marketing, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu jenis-jenis email marketing. Anda bisa menggunakan semuanya, atau memillih beberapa yang Anda butuhkan.
Email Undangan
Email undangan ini dapat berupa undangan untuk mendatangi event yang travel wisata Anda selenggarakan. Misalnya, Anda mengadakan program workshop seputar wisata secara gratis. Anda dapat mengundang calon customer Anda di mana peluang untuk menawarkan usaha Anda cukup besar dengan mengadakan pertemuan langsung.
Atau bila Anda memilih untuk mengadakan seminar secara online (webinar), maka Anda cukup membagikan undangan kepada mereka kapan seminar itu dilaksanakan dan link untuk akses webinar Anda. Seringkali, webinar gratis cukup disukai oleh orang yang tidak mau repot-repot keluar rumah.
Email Serial
Email serial merupakan salah satu feedback dari perusahaan kepada calon pelanggan yang mau mendaftar di website melalui form optin. Biasanya, email serial ini dikirimkan secara otomatis dengan jumlah email tertentu, waktu tertentu, dan kepada pelanggan tertentu saja.
Email serial ini lebih efisien apabila dikirimkan dengan autoresponder email, sehingga Anda hanya perlu melakukan otomasi dalam pengirimannya.
Email Newsletter
Newsletter adalah email yang dikirimkan secara rutin untuk memberikan wawasan kepada pelanggan. Biasanya berisi artikel atau link artikel yang bermanfaat bagi pelanggan. Jika dalam konteks bisnis travel maka email newsletter yang tepat berisi konten seputar wisata.
Email Penawaran
Email penawaran merupakan email yang berisi penawaran produk. Sebenarnya, email ini dapat dibuat secara khusus sebagai media promosi (hardselling) ataupun secara terselubung (softselling). Tinggal bagaimana Anda menyusunnya sehingga menjadi email yang menarik.
Jangan lupa gunakan copywriting untuk menulis email penawaran yang tidak terlalu terkesan "berjualan".
Tips Agar Email Anda Dibaca Calon Pelanggan
Sebelum memulai email marketing, Anda tentu harus mengumpulkan terlebih dahulu database email untuk Anda kirimi email. Ya, kalau belum banyak database Anda, harus digali lagi dengan menggunakan lead magnet yang menarik. Anda dapat memperoleh database dari mana saja, seperti dari website, landing page, media sosial, dan lain sebagainya.
Berikut ini tips agar email Anda tidak diabaikan oleh pelanggan Anda.
Menulis Subject yang Menarik
Subject diibaratkan sebagai pintu bagi email Anda. Semakin menarik "pintu" tersebut, peluang untuk mendapat perhatian dari pelanggan untuk membuka dan membaca seluruh email Anda menjadi lebih besar.
Anda perlu meluangkan waktu khusus untuk membuat subject email Anda. Subject sudah seharusnya singkat dan membuat penasaran. Apalagi sekarang ini banyak orang yang membaca email mereka melalui smartphone. Maka gunakan subject sesingkat mungkin agar dapat membuat customer Anda sejenak meluangkan waktu untuk membaca email dari perusahaan Anda.
Tampilan Email
Buatlah tampilan email yang rapi dan mudah dibaca. Menggunakan paragraf panjang seperti novel hanya akan membuat pelanggan Anda lelah dan bosan. Cobalah buat lebih singkat dengan membuat paragraf pendek untuk email Anda.
Jangan pula terlalu banyak menggunakan gambar yang berat, karena akan menyusahkan pelanggan Anda untuk membuka email Anda.
Konten dan Bahasa untuk Email Marketing
Apabila Anda membuat email yang berisi konten artikel, maka Anda tentunya harus memperhatikan bahasa Anda. Sesuaikan dengan target market Anda. Bila yang membaca email Anda adalah kalangan berusia lanjut, maka ya jangan menggunakan bahasa gaul. Selain itu, gunakan bahasa yang sopan dan baik agar pelanggan Anda merasa nyaman.
Pelajari Call to Action yang Efektif
Dalam setiap email Anda, sertakan Call to Action (CTA) yang efektif. CTA merupakan jalan pintas agar pelanggan Anda bisa menghubungi Anda untuk suatu tujuan, misalnya bertanya tentang produk Anda lebih jauh atau memesan paket umrah yang Anda tawarkan.
Itulah strategi email marketing yang bisa Anda terapkan untuk bisnis travel umrah Anda. Semoga bermanfaat.
Apabila Anda ingin mengumpulkan database target market Anda, Anda dapat menggunakan website yang didukung oleh sistem travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys.
Hubungi kami dan kami akan membantu Anda menemukan solusi pemasaran bisnis travel yang jauh lebih lebih baik lagi untuk Anda.