Ini Dia Strategi Email Marketing yang Bisa Anda Terapkan di Bisnis Travel Anda - Marketing atau pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh perusahaan agar memperoleh hasil berupa sales maupun tujuan komersial lainnya.
Bila perusahaan Anda telah lama berdiri, tentu ada berbagai macam cara pemasaran produk yang membutuhkan budget khusus. Namun, jika perusahaan travel Anda baru merintis, tidak ada salahnya mencari berbagai macam cara marketing yang murah dan efektif.
Anda bisa memakai strategi email marketing untuk mempromosikan produk travel Anda. Email merupakan jalur berkomunikasi dengan pelanggan yang efektif, sebab semua orang yang mempunyai smartphone dan media sosial pasti mempunyai email (minimal untuk mendaftarkan akun sosial mereka).
Sebagian besar orang yang pernah membuat email, tentu ada yang menggunakan satu akunnya untuk mendaftar di website untuk berlangganan newsletter, mendownload ebook, mendapatkan kupon diskon, mendaftar di marketplace, atau kebutuhan lainnya.
Biasanya, mereka juga membaca email-email yang bersifat promosi, tertarik untuk membeli, mencari informasi dan akhirnya terjadi closing penjualan. Jika dilihat dengan kondisi tersebut, peluang untuk memasarkan produk paket tour melalui email masih terbuka lebar.
Tidak hanya mendapat pelanggan baru, Anda bahkan mungkin akan mendapatkan pelanggan loyal dari email marketing yang Anda lakukan! Bagaimana rahasianya agar strategi email marketing ini bisa diterapkan dalam bisnis travel Anda? Mari simak jawabannya dalam poin-poin berikut ini:
Mengenal Jenis-jenis Email Marketing
Sebelum masuk ke strategi email marketing, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu jenis-jenis email marketing. Anda dapat menggunakan semuanya, atau pilih beberapa yang Anda butuhkan.
Email Undangan
Email undangan ini bisa berupa undangan untuk mendatangi event yang travel wisata Anda selenggarakan. Misalnya, Anda mengadakan program workshop seputar pariwisata secara gratis. Anda dapat mengundang calon wisatawan Anda di mana peluang untuk mempromosikan usaha Anda cukup besar dengan mengadakan pertemuan tatap muka.
Atau apabila Anda memilih untuk membuat seminar secara online (webinar), maka Anda hanya perlu membagikan undangan kepada mereka kapan seminar itu dilaksanakan dan link untuk akses webinar Anda. Seringkali, webinar gratis cukup disukai oleh orang yang tidak mau repot keluar dari rumahnya.
Email Serial
Email serial adalah salah satu feedback dari perusahaan kepada calon pelanggan yang akan mendaftar di website melalui form optin. Biasanya, email serial ini dikirimkan secara otomatis dengan jumlah email tertentu, waktu tertentu, dan kepada pelanggan tertentu saja.
Email serial ini lebih efisien jika dikirimkan dengan autoresponder email, sehingga Anda hanya cukup melakukan otomasi dalam pengirimannya.
Email Newsletter
Newsletter merupakan email yang dikirimkan secara rutin untuk memberikan wawasan kepada pelanggan. Biasanya berisi artikel atau link artikel yang bermanfaat bagi pelanggan. Apabila dalam konteks bisnis travel maka email newsletter yang tepat berisi konten seputar wisata.
Email Penawaran
Email penawaran merupakan email yang berisi penawaran produk. Sebenarnya, email ini bisa dibuat secara khusus sebagai media promosi (hardselling) maupun secara terselubung (softselling). Tinggal bagaimana Anda membuatnya sehingga menjadi email yang menarik.
Jangan lupa gunakan copywriting untuk menulis email penawaran yang tidak terlalu terkesan "berjualan".
Tips Agar Email Anda Dibaca Calon Pelanggan
Sebelum memulai email marketing, Anda tentu harus mengumpulkan dulu database email untuk Anda kirimi email. Ya, kalau belum banyak database Anda, harus digali lagi dengan menggunakan lead magnet yang menarik. Anda bisa memperoleh database dari mana saja, bisa dari website, landing page, sosial media, dan lain-lain.
Berikut ini tips agar email Anda tidak diabaikan oleh pelanggan Anda.
Menulis Subject yang Menarik
Subject merupakan pintu bagi email Anda. Semakin menarik "pintu" tersebut, peluang untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan untuk membuka dan membaca seluruh email Anda menjadi lebih besar.
Anda sebaiknya meluangkan waktu khusus untuk membuat subject email Anda. Subject seharusnya singkat dan membuat penasaran. Apalagi sekarang ini banyak orang yang membaca email mereka di smartphone. Maka pilih subject sesingkat mungkin agar bisa membuat customer Anda sejenak meluangkan waktunya untuk membaca email dari perusahaan Anda.
Tampilan Email
Buatlah tampilan email yang rapi dan mudah dibaca. Menggunakan paragraf panjang seperti novel hanya akan membuat cusomer Anda lelah. Cobalah buat lebih singkat dengan membuat paragraf pendek untuk email Anda.
Jangan pula terlalu banyak menyisipkan gambar yang berat, karena akan menyulitkan pelanggan Anda untuk membuka email Anda.
Konten dan Bahasa untuk Email Marketing
Bila Anda membuat email yang berisi konten artikel, maka Anda tentunya harus memperhatikan bahasa Anda. Sesuaikan dengan target market Anda. Jika yang membaca email Anda adalah kalangan berusia lanjut, ya jangan memakai bahasa gaul. Selain itu, gunakan bahasa yang sopan agar pelanggan Anda merasa nyaman.
Pelajari Call to Action yang Efektif
Dalam setiap email Anda, sertakan Call to Action (CTA) yang efektif. CTA adalah jalan pintas agar pelanggan Anda bisa menghubungi Anda untuk suatu tujuan, misalnya bertanya tentang produk Anda lebih jauh atau memesan paket umrah yang Anda tawarkan.
Itulah strategi email marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis travel umrah Anda. Semoga bermanfaat.
Jika Anda ingin mengumpulkan database target market Anda, Anda bisa menggunakan website yang didukung oleh sistem travel yang lengkap dan efisien dari TravelSys.
Hubungi kami dan kami akan membantu Anda menemukan solusi pemasaran bisnis travel yang jauh lebih lebih baik lagi untuk Anda.