Pada saat social distancing untuk mencegah penularan virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan konsumen Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai jalur marketing online yang bisa Anda lakukan untuk tetap eksis sehingga kedepannya usaha Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Aktivitas di rumah saja membuat pelanggan kian akrab dengan social media. Hal ini membawa benefit bagi pengusaha untuk bisa mengeksplor lagi strategi pemasaran online yang bisa dikejar. Jika Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu sosmed saja misalnya Instagram, Anda bisa merambah media sosial lainnya agar dapat lebih di kenal bukan hanya di satu channel social media saja.
Begitu pula jika Anda sebelumnya tidak fokus pada pemasaran berbasis konten SEO, Anda dapat mulai menekuni membikin konten-konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa membuat konten yang berkualitas dengan memanfaatkan salah satu fiturnya sistem TravelSys, yang mendukung Anda menyajikan berbagai konten dengan praktis dan mudah.
Berikut ini ada 5 strategi pemasaran online agar bisnis travel Anda tetap eksis dan juga siap melayani calon pelanggan saat pemerintah Indonesia membuka akses wisata saat pandemi Corona berhenti.
1. Manfaatkan Instagram
Instagram adalah social media yang disukai oleh masyarakat. Dimana ada kerumunan, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda bisa memproduksi konten-konten berbasis gambar yang berkualitas, video singkat, dan story yang dapat mengingatkan audiens Anda pada wisata.
Gunakan strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identity, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga orang saat melihat konten Anda akan langsung ingat kepada brand perusahaan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Corona. Anda bisa menyajikan tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dan sebagainya.
Bisa pula mengangkat tema positif yang bisa membuat orang menjadi bersemangat saat melihatnya. Konten yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat postingan yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, tampilkan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan kecemasan.
2. Maksimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang keamanan dan kesehatan, sehingga hindari memasang iklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu membungkus penjualan dengan konten yang menarik dan bermanfaat bagi konsumen.
3. Buat Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin belum mengoptimalkan marketing yang satu ini. Padahal, jika ditekuni, Anda bisa merasakan manfaat dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus memproduksi konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas adalah asset bagi bisnis Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan membuat usaha Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan bisnis Anda lebih baik di kemudian hari.

Saat pembaca memetik manfaat, mereka akan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun trust dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda muat di website Anda seperti berita-berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak pengunjung, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, tulisan berkualitas juga disukai google, sehingga jika calon pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan mudah menemukan website Anda apabila mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Gunakan Twitter
Twitter adalah social media yang banyak digunakan oleh masyarakat. Anda bisa mulai untuk eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat usaha Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda juga bisa eksis.
5. Produksi Video Youtube yang Menarik
Satu lagi media sosial yang dapat Anda manfaatkan supaya usaha Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda pakai untuk mengupload video-video seputar wisata.
Buat konten tentang tips berwisata, panduan wisata yang berhubungan dengan perjalanan wisata, dsb.
Selain menebar konten bermanfaat, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel yang amanah dan profesional.

Sisipkan nilai-nilai yang ada pada perusahaan Anda, sehingga pelanggan yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Demikian 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda praktekkan. Jangan menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah bisnis Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani pelanggan pada saat akses wisata dibuka kembali.
Jika Anda ingin memanajemen konten dan media sosial dengan lebih baik, cobalah fitur pengelolaan web dan konten dari TravelSys Indonesia, yang bisa menunjang pemasaran online Anda.
