Pada saat phisycal distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan pelanggan Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai cara pemasaran digital yang bisa Anda lakukan untuk tetap eksis sehingga nantinya bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Aktivitas di rumah saja membuat konsumen kian akrab dengan media sosial. Hal ini membawa keuntungan bagi pebisnis untuk bisa mencoba lagi strategi pemasaran online yang dapat dikejar. Jika Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu channel saja misalnya Facebook, Anda bisa merambah media sosial lainnya agar bisa lebih di kenal bukan hanya di satu channel media social saja.
Begitu juga jika Anda sebelumnya tidak konsen pada pemasaran berbasis konten SEO, Anda dapat mulai menekuni membuat konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa menciptakan konten yang berkualitas dengan memanfaatkan salah satu fitur dari sistem TravelSys, yang mendukung Anda menyajikan banyak konten dengan praktis dan mudah.
Berikut ini ada 5 strategi pemasaran online agar bisnis travel Anda tetap eksis dan juga siap melayani pelanggan saat kementrian Indonesia membuka akses wisata saat pandemi Corona berhenti.
1. Manfaatkan Instagram
Instagram merupakan social media yang disukai oleh masyarakat. Dimana ada keramaian, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda dapat menciptakan konten-konten berbasis gambar yang berkualitas, video singkat, dan story yang dapat mengingatkan audiens Anda terhadap wisata.
Gunakanlah strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identitas, memilih font tulisan dan desain yang konsisten, sehingga orang ketika melihat konten Anda akan langsung teringat kepada brand perusahaan Anda.
Dengan begitu, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Covid-19. Anda bisa mengangkat tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dll.
Bisa juga mengangkat tema positif yang bisa membuat orang menjadi bersemangat saat melihatnya. Konten yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat konten yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, sajikan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan kekhawatiran.
2. Maksimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga bisa menggunakan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang kesehatan dan keamanan, sehingga hindari membuat iklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu menawarkan produk dengan postingan yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan.
3. Buat Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin belum memaksimalkan marketing yang satu ini. Padahal, apabila ditekuni, Anda bisa merasakan keuntungan dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus memproduksi konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas merupakan asset bagi bisnis Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan menjadikan bisnis Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan usaha Anda lebih baik di kemudian hari.
Saat pembaca memetik manfaat, mereka akan merasa percaya pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun kepercayaan dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda posting di website Anda seperti berita-berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak visitor, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, tulisan berkualitas juga disukai google, sehingga jika pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan dengan mudah menemukan website Anda jika mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Manfaatkan Twitter
Twitter adalah social media yang banyak diakses oleh masyarakat. Anda bisa mulai untuk eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat bisnis Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan tagar yang sedang trending, sehingga brand Anda juga bisa eksis.
5. Produksi Video Youtube yang Menarik
Satu lagi media sosial yang dapat Anda manfaatkan supaya bisnis Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda manfaatkan untuk mengupload video-video seputar wisata.
Buat konten tentang tips berwisata, panduan wisata yang berhubungan dengan perjalanan wisata, dsb.
Selain menebar konten positif, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel yang profesional dan terpercaya.
Sisipkan nilai-nilai yang ada pada bisnis Anda, sehingga pelanggan yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Itulah 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda tiru. Jangan pernah menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah bisnis Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani pelanggan pada saat pelaksanaan wisata dibuka kembali.
Jika Anda ingin mengelola konten dan media sosial dengan lebih baik, manfaatkan fitur pengelolaan web dan konten dari TravelSys Indonesia, yang bisa menunjang marketing online Anda.