Saat mempunyai bisnis travel wisata, kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan yang akan dicapai. customer yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan memberikan timbal balik yang baik, misalnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan jasa kita, atau melakukan pembelian ulang.
Tentu, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda dapat mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi marketing, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan customer Anda. Tentu strategi ini dampaknya tidak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tetapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu tolok ukur kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel wisata Anda akan menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan customer. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan wisata adalah satu orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus kepada setiap customer. Banyaknya customer yang Anda pegang dalam satu kloter, bukanlah jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada setiap customer.
Justru dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda dapat mengenal bermacam-macam sifat manusia. Ada yang orangnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada pula yang ribet, suka komplain, dan dari keseluruhan itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus misal pelanggan yang memiliki riwayat penyakit tertentu.Hal ini bisa jadi ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi customer. Adil bukan berarti sama rata. Adil ialah memberikan porsi yang sesuai bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. intinya, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda pergunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk / jasa yang Anda hadirkan kepada customer sangat berpengaruh terhadap kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga customer tidak kecewa ketika memutuskan untuk membelinya. kadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan kesal sejenak, tetapi kalau sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.
Dalam bisnis travel wisata, Anda dapat menerapkannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap terhadap pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel & transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang berbicara. customer yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada lingkungan mereka. Artinya, calon customer Anda akan meningkat & bisnis Anda kan semakin maju.
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Pemberi kritik ialah orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang memiliki\mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga selanjutnya tak ada lagi customer yang merasa kecewa terhadap pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun ialah sumbangan yang harus Anda respon dengan perubahan positif bagi travel wisata Anda. Apabila setelah dikritik Anda hanya dapat menanggapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan peluang untuk membuat travel wisata Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, seluruh pelanggan membutuhkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika\saat ingin membeli paket wisata untuk mengakomodasi keperluan wisata mereka. Tak ada cusomer yang mau mengalami|merasakan) kesulitan saat ingin berwisata, membayar budget wisata, mengurus kelengkapan dokumen, & kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka temui saat berwisata.
demikianlah mengapa, Anda harus memberikan semua kemudahan tersebut untuk pelanggan Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel wisata Anda dengan\menggunakan sejumlah uang, sehingga Anda maupun pelanggan membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama diuntungkan. Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel wisata seperti TravelSys. Anda tak perlu repot lagi, sebab semua jenis transaksi yang berkaitan dengan wisata bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien. Pastikan pelanggan Anda memperoleh kemudahan tersebut sehingga kepuasan customer terhadap bisnis travel wisata Anda semakin meningkat. Selamat mencoba