Saat memiliki bisnis travel wisata, kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan yang ingin
dicapai. customer yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan memberikan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimonial, mengajak orang lain menggunakan jasa kita, atau melakukan pembelian ulang.
Tentu, ini menjadi keputusan serius bagi pebisnis travel umroh, sehingga Anda dapat mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi pemasaran. Daripada Anda menghabiskan waktu, uang serta tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Memang cara ini impactnya tidak dapat langsung dirasakan oleh perusahaan. Namun, kepuasan pelanggan dapat menjadi salah satu tolok ukur kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel wisata Anda akan menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan customer. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan wisata ialah satu orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada setiap customer. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu kloter, bukanlah menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada setiap pelanggan.
Justru dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengenal bermacam-macam sifat manusia. Ada yang orangnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada pula yang ribet, suka komplain, dan dari keseluruhan itu pasti terdapat satu dua yang memerlukan perhatian khusus misal pelanggan yang memiliki riwayat penyakit tertentu.Hal ini bisa sebagai ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi pelanggan. Adil bukan berarti sama rata. Adil ialah memberikan porsi yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk meraih kepuasan pelanggan.
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk / jasa yang Anda berikan kepada pelanggan sangat berpengaruh pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk & jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.kadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berdampak terlalu besar terhadap penurunan pembelian, asal kualitasnya sesuai dengan harganya. Mereka mungkin akan kesal sejenak, namun jika sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.
Dalam bisnis travel wisata, Anda bisa menerapkannya dari sisi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal lainnya yang dapat Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang berbicara. customer yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada lingkungan mereka. Berarti, calon customer Anda akan meningkat & bisnis Anda akan semakin maju.
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Pemberi kritik ialah orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang memiliki\mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga selanjutnya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa terhadap pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi travel wisata Anda. Jika setelah dikritik Anda hanya bisa merespon dengan kata-kata yang buruk, tentu Anda melewatkan peluang untuk membuat travel wisata Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya / tidak, seluruh pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika\saat ingin membeli paket wisata untuk akomodasi keperluan wisata mereka. Tak ada cusomer yang mau mengalami|merasakan) kesulitan saat ingin berwisata, membayar budget wisata, mengurus kelengkapan dokumen, & kesulitan-kesulitan lain yang dapay mereka temukan saat berwisata.
Itulah mengapa, Anda diharuskan menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk customer Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel wisata Anda dengan\menggunakan sejumlah uang, sehingga Anda maupun pelanggan membuat simbiosis mutualisme. Sama-sama diuntungkan. Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel wisata seperti TravelSys. Anda tak perlu repot lagi, sebab segala jenis transaksi yang berkaitan dengan wisata dapat Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien. Pastikan pelanggan Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan customer terhadap bisnis travel wisata Anda semakin bertambah. Selamat mencoba