4 Pilihan Strategi Digital Marketing Terkini untuk Travel Wisata - Pemasaran online memang menggiurkan bagi semua jenis bisnis. Bagaimana tidak, saat ini semua orang memegang smartphone di tangannya. Hampir semua orang yang bersentuhan dengan gawai, pasti menggunakan internet untuk bertransaksi, bersosial media, dan juga untuk kebutuhan lainnya. Tak menutup kemungkinan, bisnis travel wisata yang sudah Anda bangun juga dapat memasuki market online. Dulu, biro travel wisata terkenal dengan kantor pemasaran offline, harus mendaftar secara langsung di kantor, pembayaran tunai, dan segala sesuatu tanpa bersentuhan dengan
dunia online. Namun, kini semua sudah berubah. Internet memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan lebih mudah dan cepat tanpa terkendala waktu, tempat, dan biaya. Kemudahan penjualan online ini membuat Anda dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas lagi bila dibandingkan dengan marketing offline menggunakan brosur, spanduk, baliho, dan sebagainya .Salah satunya adalah dengan memakai website sebagai "kantor online" biro travel wisata Anda. Anda tak perlu menggunakan kantor yang megah, namun hanya perlu membangun website Anda secara profesional, menggunakan software travel wisata yang tepat, serta memanfaatkan sosial media untuk menunjang pemasaran online Anda. Berikut ini akan kami bahas 4 pilihan strategi pemasaran online untuk Anda yang berkeinginan mengembangkan bisnis Anda serta meningkatkan sales paket wisata secara signifikan.
Promosi Rutin dan Musiman
Strategi yang pertama ialah menggunakan strategi yang paling sederhana & paling dasar dari sebuah marketing. Ya, strategi marketing sebenarnya tak perlu susah. bahkan yang sederhana akan berefek asalkan Anda KONSISTEN melakukannya. Anda hanya perlu memberikan promosi rutin, contohnya promosi tiap hari Jumat, ada diskon 3% untuk pendaftaran paket wisata. Promosi rutin lainnya adalah promo pesan dua gratis uang saku senilai sekian rupiah. Promosi yang sebenarnya simpel ini jika sudah menjadi pola, maka pasar atau calon jamaah Anda akan mengenalinya serta menunggu waktu-waktu promo tersebut.
Strategi promosi lainnya ialah dengan mengadakan promosi musiman, seperti promo akhir tahun, promo ramadhan, promo kemerdekaan, promo maulid Nabi, Serta promo tanggal cantik seperti 11.11, artinya pada tanggal 11 bulan November terdapat promo untuk pembelian paket wisata di travel wisata Anda).Biasanya, strategi ini cukup berhasil, sebab orang cenderung beerbelanja impulsif saat ada promo. Anda tidak perlu sering-sering melakukannya. Lakukanlah hanya saat Anda memiliki biaya promosi yang lebih untuk mendongkrak penjualan paket wisata. Saat bulan-bulan yang ramai, tanpa ada respon biasanya mereka tetap akan membeli berapapun harga paket Anda. Hanya saja, Anda bisa menambahkan gimmick berupa hadiah langsung misalkan merchandise bertuliskan nama travel wisata Anda.
Menggunakan Iklan Berbayar
Strategi ini lumayan mudah dilakukan, namun memerlukan dana lebih. Anda bisa menggunakan iklan berbayar seperti FB ads, IG ads, Google ads, dan sebagainya. Silahkan sesuaikan sendiri dengan dana iklan yang Anda miliki. Yang perlu diperhatikan adalah Anda wajib pandai-pandai dalam beriklan. Berikan informasi yang jelas pada iklan Anda. Lalu, gunakanlah strategi beriklan yang dapat Anda pelajari guna menghasilkan konversi penjualan yang baik. Terkadang, sebuah iklan tidak bekerja dengan baik, tetapi jangan menyerah untuk mencoba iklan yang menghasilkan penjualan.
Manfaatkan SEO Website Anda
Strategi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoptimasi website Anda menggunakan SEO. Secara umum, SEO merupakan strategi untuk menempatkan website Anda pada halaman pertama pencarian google dengan kata kunci tertentu, sehingga website & produk Anda lebih dikenal masyarakat serta berpengaruh terhadap penjualan produk Anda.
Anda dapat menyewa jasa penulis konten dan jasa SEO website freelance untuk mengoptimasi website Anda. Anda juga dapat mempekerjakan karyawan khusus yang memahami dunia SEO. Untuk strategi ini, Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi untuk jangka panjang, hal ini baik untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda. Apabila Anda ingin promosi Anda berhasil, Anda juga harus memperbaiki manajemen perusahaan Anda. Gunakanlah sistem aplikasi yang khusus travel wisata untuk mempermudah pengelolaan perusahaan Anda. Promosi Anda juga akan lebih mudah sebab dengan sistem yang tertata, website yang profesional serta user friendly, maka Anda bisa mengembangkan penjualan paket wisata Anda lebih banyak lagi. Selamat mencoba!