Saat ini, banyak aplikasi travel Wisata yang ditawarkan. Sebagian, sudah cukup lama ada. Sebagian lagi masih baru saja diluncurkan. Masing-masing sistem aplikasi ini mempunyai kelebihan Serta kekurangan. Anda sebagai pengusaha travel wisata harus selektif menentukan aplikasi yang cocok untuk Anda.
Salah satu perhitungan untuk memilih software travel bisnis yaitu dengan melihat fitur-fitur yang dimiliki oleh software tersebut. Software yang sudah cukup eksis dikembangkan, belum tentu menjadi paling bagus. Karena, sebuah sistem harus update, sehingga mengharuskan pengembangan dari waktu ke waktu.Begitu pula sebaliknya, sebuah software yang baru diluncurkan, biasanya memiliki banyak kekurangan karena memang masih dalam tahap pengembangan. Solusinya, ialah memilih aplikasi travel bisnis yang mempunyai fitur yang cukup memenuhi, namun terus melakukan update software agar mencocokan dengan kebutuhan pelanggan.Berikut 5 fitur yang setidaknya harus dimiliki oleh aplikasi travel wisata yang baik untuk kesuksesan bisnis Anda.
Fitur Pencatatan Transaksi dan Keuangan
Transaksi merupakan hal terpenting dalam bisnis apapun. Travel wisata Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mencatat transaksi Anda dengan teliti dan lengkap, sesuai dengan produk yang Anda miliki.
Transaksi-transaksi umum seperti (travel bisnis|travel wisata)), pemesanan visa, hotel, katering, tiket pesawat, dan sebagainya adalah fitur dasar yang harus dimiliki dalam sistem aplikasi travel wisata.Baca Juga : Dapatkah Perusahaan Travel Umroh Anda Bertahan dengan Pembukuan Manual?
Fitur Manajemen SDM dan Keagenan
Sebuah perusahaan yang baik yaitu perusahaan yang memiliki SDM yang sesuai dan efisien. SDM bisnis travel wisata umumnya terdiri dari pimpinan perusahaan, pimpinan cabang, HRD, staff keuangan, staff front office, customer service, admin pergudangan, humas, marketing dan agen.Pengelolaan SDM yang baik, dapat berakibat pada efisiensi perusahaan Anda. Anda dapat menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan jika SDM Anda bisa dipantau kinerjanya, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi karyawan Anda untuk menangani pekerjaan-pekerjaan di travel wisata Anda. Baca Juga : 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Begitu pula dengan sistem keagenan, harus ada manajemen yang baik supaya Anda bisa memaksimalkan promosi dengan berkoordinasi dengan agen-agen Aada. Sistem pencatatan pendapatan juga harus bisa diakomodasi oleh software khusus travel bisnis yang Anda gunakan.
Fitur Manajemen Inventory
Inventory atau persediaan merupakan hal yang pasti ada dalam bisnis travel. Barang-barang keperluan perjalanan yang umumnya disediakan oleh bisnis travel yaitu koper, pakaian, dan sebagainya.
Jika travel wisata Anda sudah mempunyai banyak pelanggan, dan frekuensi pemberangkatannya cukup sering, maka persediaan barang harus mendapat perhatian khusus supaya Anda tidak bingung mengelolanya.Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory pada Bisnis Travel Umroh Persediaan barang juga wajib dapat memenuhi kebutuhan, jangan sampai terjadi kekurangan (out of stock), karena dapat berakibat pada kredibilitas travel wisata Anda. Apalagi jika pengadaan barang tersebut memerlukan waktu yang lama. Maka, fitur manajemen inventory sangat dibutuhkan dalam sebuah aplikasi travel wisata
Fitur Aneka Metode Pembayaran
Zaman sekarang, pelanggan menginginkan metode pembayaran yang serba cepat, dengan berbagai pilihan. umumnya, mereka menyesuaikan dengan metode bayar yang paling nyaman untuk mereka. Mau tidak mau, pengusaha harus bisa juga mengakomodasi kebutuhan mereka untuk membayar secara mudah dan cepat.
Pilihlah sistem aplikasi bisnis travel yang mendukung berbagai metode pembayaran. Bisa dilakukan pembayaran secara tunai, transfer bank, menggunakan EDC, payment gateway, dan emoney. Jika sistem Anda mempunyai ini semua, maka transaksi akan lebih mudah dan pelanggan akan puas terhadap pelayanan travel wisata Anda.Baca Juga : Pembayaran Cashless untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Fitur Laporan Penjualan dan Keuangan
Setelah transaksi dilakukan hingga tahap pelunasan, aplikasi travel wisata Anda mestinya memiliki fitur laporan penjualan yang bisa diakses secara realtime. Anda dapat melihat grafik-grafik penjualan untuk keperluan pemantauan kinerja serta pengambilan keputusan di kemudian hari.
Selain laporan penjualan, laporan keuangan adalah hal yang vital untuk mengetahui apakah usaha Anda mempunyai keuntungan yang cukup layak bagi sebuah travel. Jangan-jangan modal yang Anda keluarkan masih terserap untuk stock barang dan piutang. Nah, laporan keuangan inilah yang dapat menolong Anda mengevaluasi travel Anda agar dapat berkembang lebih maju lagi. Pilihlah laporan keuangan yang sudah mempunyai standar akuntansi yang baku sesuai yang berlaku di Indonesia. Hal ini Dapat memudahkan Anda dalam pelaporan pajak. Baca Juga : Manfaat Laporan Keuangan yang Rapi Bagi Biro Travel Wisata Itulah 5 fitur yang harus ada dalam aplikasi bisnis travel yang Anda pilih. Jeli dalam menentukan, agar usaha Anda semakin pesat dan berkembang. Jika Anda ingin menggunakan sistem aplikasi khusus travel wisata terbaik, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paketnya.