Sekarang ini, banyak aplikasi travel Wisata yang ditawarkan. Sebagian, sudah cukup lama ada. Sebagian lagi masih baru saja dikeluarkan. Masing-masing sistem aplikasi ini memiliki keunggulan Serta kekurangan. Anda sebagai pengusaha travel bisnis harus selektif memilih aplikasi yang tepat untuk Anda.

Salah satu pertimbangan untuk memilih software travel bisnis ialah dengan melihat fitur-fitur yang dimiliki oleh software tersebut. Software yang sudah cukup lama dikembangkan, belum tentu menjadi paling bagus. Karena, sebuah sistem wajib update, sehingga memerlukan pengembangan dari waktu ke waktu.Begitu pula sebaliknya, sebuah software yang baru diluncurkan, biasanya memiliki banyak kekurangan karena memang masih dalam tahap pengembangan. Solusinya, yaitu memilih aplikasi travel bisnis yang mempunyai fitur yang cukup memenuhi, namun terus melakukan update software agar menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.Berikut 5 fitur yang setidaknya wajib dipunyai oleh aplikasi travel bisnis yang baik untuk kemajuan travel Anda.
Fitur Pencatatan Transaksi dan Keuangan
Transaksi merupakan suatu hal terpenting dalam bisnis apapun. Travel bisnis Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mencatat transaksi Anda dengan teliti dan lengkap, sesuai dengan produk yang Anda miliki.
Transaksi-transaksi biasa seperti (travel bisnis|travel wisata)), pemesanan visa, hotel, katering, tiket pesawat, dan sebagainya ialah fitur dasar yang harus dimiliki dalam sistem aplikasi travel bisnis.Baca Juga : Dapatkah Perusahaan Travel Umroh Anda Bertahan dengan Pembukuan Manual?
Fitur Manajemen SDM dan Keagenan
Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki SDM yang sesuai dan efisien. SDM bisnis travel umumnya terdiri dari pimpinan perusahaan, pimpinan cabang, HRD, staff keuangan, staff front office, customer service, admin pergudangan, humas, marketing dan agen.Pengelolaan SDM yang baik, akan berimbas pada efisiensi perusahaan Anda. Anda dapat menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan jika SDM Anda bisa dipantau kinerjanya, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi karyawan Anda untuk mengatasi pekerjaan-pekerjaan di travel wisata Anda. Baca Juga : 6 Cara Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Begitu juga dengan sistem keagenan, harus ada manajemen yang baik supaya Anda dapat memaksimalkan promosi dengan berkoordinasi dengan agen-agen Aada. Sistem pencatatan komisi juga harus dapat diakomodasi oleh software khusus travel wisata yang Anda gunakan.
Fitur Manajemen Inventory
Inventory atau persediaan merupakan hal yang pasti ada dalam travel wisata. Barang-barang keperluan wisata yang biasanya disediakan oleh travel wisata adalah koper, pakaian, dan sebagainya.

Jika bisnis travel Anda sudah memiliki banyak pelanggan, dan frekuensi pemberangkatannya cukup sering, maka persediaan barang harus mendapat perhatian khusus supaya Anda tidak bingung mengelolanya.Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory pada Bisnis Travel Umroh Persediaan barang juga harus bisa memenuhi kebutuhan, jangan sampai terjadi kekurangan (out of stock), karena bisa berdampak pada kredibilitas bisnis travel Anda. Apalagi jika pengadaan barang tersebut membutuhkan waktu yang lama. Maka, fitur manajemen inventory sangat diperlukan dalam sebuah aplikasi travel wisata
Fitur Aneka Metode Pembayaran
Zaman sekarang, pelanggan menginginkan metode pembayaran yang serba cepat, dengan berbagai pilihan. umumnya, mereka menyesuaikan dengan metode bayar yang paling nyaman bagi mereka. Mau tidak mau, pebisnis wajib dapat juga mengakomodasi keperluan mereka untuk membayar secara mudah dan cepat.
Gunakanlah sistem aplikasi travel wisata yang mempunyai berbagai metode pembayaran. Bisa secara tunai, transfer bank, menggunakan EDC, payment gateway, dan emoney. Jika sistem Anda mempunyai ini semua, maka transaksi akan lebih mudah dan pelanggan akan puas terhadap pelayanan bisnis travel Anda.Baca Juga : Pembayaran Cashless untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Fitur Laporan Penjualan dan Keuangan
Setelah transaksi dilakukan hingga tahap pelunasan, aplikasi travel wisata Anda mestinya memiliki fitur laporan penjualan yang bisa diakses secara realtime. Anda dapat melihat grafik-grafik penjualan untuk keperluan pemantauan kinerja dan juga pengambilan keputusan di kemudian hari.
Selain laporan penjualan, laporan keuangan merupakan hal yang vital untuk mengetahui apakah bisnis Anda mempunyai keuntungan yang cukup layak bagi sebuah travel. Jangan-jangan modal yang Anda keluarkan masih terserap untuk stock barang dan piutang. Nah, laporan keuangan inilah yang akan menolong Anda mengevaluasi travel Anda supaya bisa berkembang lebih pesat lagi. Pilihlah laporan keuangan yang sudah memenuhi standar akuntansi yang baku sesuai yang berlaku di Indonesia. Hal ini akan memudahkan Anda dalam pelaporan pajak. Baca Juga : Manfaat Laporan Keuangan yang Rapi Bagi Biro Travel Wisata Itulah 5 fitur yang harus ada dalam aplikasi travel wisata yang Anda pilih. Jeli dalam memilih, agar bisnis Anda semakin pesat dan berkembang. Jika Anda ingin menggunakan sistem aplikasi khusus travel wisata terbaik, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paketnya.
