Cara Membuat Content Marketing - Semua usaha membutuhkan berbagai strategi pemasaran yang bisa membuat peningkatan performa bisnis secara signifikan. Termasuk bisnis biro travel bisnis.
Anda perlu membuat berbagai macam strategi pemasaran terkini untuk berbagai tujuan. Salah satu cabang dari pemasaran online yang bisa Anda garap yaitu membuat content marketing.
Mungkin, untuksebagian dari Anda merasa tak familiar dengan sebutan content marketing. Rangkumannya, content marketing yaitu proses pemasaran dari kegiatan usaha dengan cara membuat konten yang signifikan dengan usaha mereka dan membagikannya kepada khalayak untuk mempunyai feedback dari calon customer.
Feedback yang diharapkan dari pemasaran konten ini adalah tanggapan, rasa ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut, komentar, dan tentu saja closing penjualan. Untuk mencapai tujuan utama yakni penjualan, maka ada banyak langkah yang wajib kerjakan.
Untuk itulah, kami menyajikan cara membuat content marketing untuk biro travel bisnis supaya Anda dapat mencobanya secara langsung dalam bisnis travel Anda.
Baca Juga : Sosial Media untuk Bisnis Travel wisata
Mengenal Lebih Dekat Content Marketing
Sebelum mengulas lebih lanjut cara membuat content marketing ini, ada baiknya Anda memahami dasar-dasar marketing konten terlebih dahulu.
Content Marketing dapat dikatakan sebagai strategi pemasaran menggunakan konten sebagai 'senjata' utamanya. Anda bisa memproduksi konten contohnya artikel, poster, gambar, audio, video, dan konten kreatif lainnya menggunakan berbagai macam tools baik yang gratis maupun berbayar.
Konten yang kreatif, dapat menarik minat calon pelanggan untuk melihat, membaca, mendengar, dan menyimak konten yang kita buat. Semakin menarik, ada dorongan untuk melakukan interaksi dengan konten tersebut.
Interaksi yang dimaksud yaitu dapat) berupa reaksi (like, love), komentar, dan share/membagikan konten yang kita unggah. Anda bisa mengupload konten di berbagai media seperti website, social media (Facebook, Instagram, Twitter, Story WA).
Baca Juga : Cara Menaikkan Followers di Instagram Gratis
Manfaat Menerapkan Content Marketing
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda petik dari penerapan content marketing:
- Menjangkau pasar yang lebih luas dengan memunculkan berbagai konten yang menarik.
- Menambah trafik pengunjung website, menambah followers dan menambah daftar calon target market Anda secara terus menerus.
- Menunjukkan nilai plus dari perusahaan Anda dibanding kompetitor
- Membangun brand awareness untuk jangka panjang
- Menambah kepercayaan konsumen
- Media promosi yang efektif untuk mencapai konversi penjualan
Lalu, bagaimana agar Anda Dapat menggunakan content marketing untuk bisnis travel Anda? Lanjut ke pembahasaan berikutnya.
Cara Membuat Content Marketing
Berikut langkah-langkah cara membuat content marketing untuk biro travel wisata
Lakukan Riset Kecil-kecilan
Sebelum mulai membuat konten, lakukan terlebih dahalu riset kecil-kecilan. Anda dapat melihat konten-konten yang dibuat oleh kompetitor Anda. umumnya, mereka juga punya ciri khas sendiri dalam membuat konten.
akan tetapi, bukan berarti Anda meniru semua yang kompetitor Anda lakukan. Anda juga wajib menghargai jerih payah mereka dalam membuat konten. Jangan asal menyalin, namun jadikan inspirasi saja untuk mengembangkan konten dengan ciri khas brand Anda sendiri.
Anda juga dapat melihat referensi inspirasi dari bisnis lain, tinggal mengubahnya saja sesuai dengan bisnis yang Anda jalanlan yakni biro bisnisl travel. Misalnya, Anda bisa membuat artikel seputar umroh, tutorial manasik, gambar motivasi umrah, dan sebagainya.
Baca Juga : 4 Strategi Pemasaran Travel Wisata
Tentukan Target Market
Setelah mendapatkan inspirasi dari riset kecil-kecilan yang Anda buat, Anda bisa mulai mempersiapkan siapa target market Anda. saat ini, peminat umroh bukan hanya kalangan tua saja. Generasi milenial adalah pangsa pasar utama Anda.
Anda bisa menjangkau mereka melalui media sosial dengan menjadikan mereka target market yang bisa mengonsumsi konten yang Anda buat, sekaligus target market dari produk travel Anda.
Dengan mengelompokan target market yang tepat, Anda dapat menetapkan gaya bahasa seperti apa yang akan Anda gunakan untuk keperluan promosi Anda melalui strategy content marketing.
Pilih Social Media Tempat Promosi
Anda bisa menggunakan sosial media yang sering digunakan saat ini yaitu Facebook dan Instagram. Anda juga bisa menggunakan media lain seperti Whatsapp, Line, dll.
Manfaatkan Aplikasi Gratisan
Anda bisa memanfaatkan|menggunakan) aplikasi pembuat konten gratisan yang banyak tersebar di Google Playstore atau IOS. Misalnya yang terbaru untuk membuat konten kreatif yaitu CANVA. Anda bisa mencari tutorialnya di internet untuk membuat konten yang dapat Anda unggah di berbagai media sosial.
Selain dengan aplikasi gratis, Anda juga dapat merekrut designer grafis dan web content writer profesional untuk membuat konten marketing Anda. Cara ini bisa Anda tempuh apabila Anda berniat untuk membangun bisnis jangka panjang dengan tujuan membangun brand perusahaan.
Ikuti Trend
Netizen menyukai trend. Tak heran media sosial seperti twitter mempunyai fitur trending topic yang biasanya diukur berdasarkan hashtag atau tagar (tanda pagar) yang paling banyak dipakai orang.
Anda bisa membuat konten-konten berdasarkan trend ini untuk menarik minat followers Anda, sehingga Anda lebih dikenal lagi. Namun, tentu saja trend yang diikutu harus sesuai dengan travel Anda.
Tidak mungkin bisnis travel wisata mengambil pembahasan yang tertera SARA atau pornografi, bukan?
Kreatiflah dalam Membuat Konten
Pada akhirnya, Anda harus membuat kreatifitas Anda untuk membuat konten yang disukai oleh customer Anda. Buat apa membuat konten yang ternyata tidak disukai, bahkan tak bermanfaat bagi konsumen Anda?
Baca Juga : Konversi Penjualan Paket Wisata Via Website
Itulah cara membuat content marketing untuk perusahaan biro bisnis wisata Anda. Selain berusaha membuat konten yang baik, Anda juga dapay meningkatkan pelayanan biro travel wisata Anda agar konsumen yang sudah Anda targetkan dapat menjadi pelanggan Anda.
Diartikannya, pemasaran berbasis konten yang Anda lakukan sukses menjadi konversi penjualan. Gunakan sistem aplikasi khusus travel wisata agar Anda dapat memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah Anda.