Iklan Gratis dan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha - Anda yang mempunyai bisnis pastinya selalu mencari cara untuk memasarkan produk/jasa yang Anda miliki. Ada dua macam cara untuk memasarkan suatu produk/jasa, ialah dengan memanfaatkan iklan gratis atau memanfaatkan iklan berbayar.
Jika Anda masih baru dan belum memiliki keuangan khusus beriklan, Anda dapat menggunakan cara gratisan. apabila, seiring dengan berkembangnya bisnis Anda, Anda dapat mulai menyisihkan budget khusus untuk iklan berbayar.
Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi Usaha Travel Sebenarnya, mau memakai cara gratisan ataupun berbayar, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk travel Anda apabila teknik pemasarannya benar. Sebelum membahas lebih dalam mengenai teknik beriklan, Anda simak dulu kelebihan dan kekurangan iklan gratisan serta iklan berbayar berikut ini.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Gratis untuk Bisnis
Cara termudah untuk mempromosikan usaha adalah dengan cara gratisan di media sosial maupun aplikasi chatting seperti whatsapp. Disebut|Dikatakan gratisan, karena Anda hanya menggunakan cara organik untuk berpromosi. Anda hanya membuat konten iklan, selanjutnya Anda menguploadnya di facebook atau story whatsapp, tanpa harus membayar biaya iklan. Keuntungannya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
Biaya yang muncul misalnya untuk kuota data atau wifi internet, dan membayar pembuat konten (penulis atau desainer grafis). Jika Anda atau karyawan Anda yang membuat sendiri materi iklannya, biayanya dapat 0 rupiah.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Wisata Manfaat lainnya yaitu, Anda dapat tahu sumber traffic Anda, meskipun jumlahnya terbatas pada siapa yang menjadi teman, kontak, atau followers Anda, maka dari itu Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan segmen Anda. Kekurangannya adalah jangkauan iklan Anda sangat terbatas. Anda tidak dapat memastikan apakah audiens Anda ialah target market Anda atau bukan. Dapat diartikan, tidak semua teman, kontak, atau pengikut Anda adalah target market Anda. Waktu yang diperlukan untuk menarik target pasar Anda menjadi pelanggan juga cukup lama, dibandingkan Anda menggunakan iklan berbayar. Hal ini mengenai ketepatan target market yang Anda bidik.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Berbayar untuk Travel
Jika Anda ingin travel Anda berkembang, maka Anda bisa mulai memanfaatkan iklan berbayar untuk menambah jumlah transaksi Anda. Seperti yang kita ketahui, iklan berbayar kini dikuasi oleh media sosial juga. Jadi, jika keuangan Anda terbatas yang tidak memungkinkan Anda membayar iklan di media massa, Anda dapat beriklan di media sosial seperti facebook dan instagram. Kedua media sosial ini cukup powerful untuk beriklan.
Seperti yang sudah kami bahas tadi, iklan berbayar membantu Anda untuk meningkatkan penjualan, karena saat membuat iklan berbayar, Anda dapat mengatur target market yang Anda pilih untuk iklan Anda. jadi apabila, kita bisa menjangkau banyak orang yang berpotensi untuk membeli produk/jasa kita, hanya dengan beberapa langkah. Bayangkan jika kita menggunakan iklan konvensional, kita tidak benar2 bisa mengatur siapa yang akan melihat iklan kita. Baca Juga: Kapan Usaha Travel Wisata Anda Memerlukan Software Khusus? Kekurangannya, Anda harus membayarkan uang yang jumlahnya bervariasi tergantung budget yang Anda pasang untuk sebuah iklan. Di facebook atau instagram, Anda harus membayar dana ekstra jika yang Anda jual yaitu produk dengan target pasar yang tinggi. Tidak mungkin kita bisa menjual produk yang harganya puluhan juta cuman dengan budget iklan puluhan ribu. Tentunya, tergantung bagaimana cara Anda beriklan supaya dapat lebih hemat dan tepat sasaran.
Untuk usaha travel wisata, Anda dapat menetapkan budget yang cukup untuk mengiklankan produk Anda. Pahami dulu cara iklan di facebook dan instagram, sehingga kemungkinan iklan Anda rugi Dapat dikurangi.
Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha
Anda harus berhati-hati menggunakan iklan berbayar untuk promosi usaha Anda. Jika Anda baru pertama kali beriklan, jangan menggunakan budget iklan yang terlalu besar dahulu. Agar Anda dapat sambil belajar membuat iklan yang benar-benar sesuai dan menghasilkan penjualan. Lebih bagus lagi, Anda memanfaatkan jasa iklan berbayar yang sudah terbukti bisa membuat iklan yang berhasil. Lakukan dengan teratur, maka cepat atau lambat Anda akan merasakan manfaatnya.Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa menentukan sendiri cara mana yang Anda pilih untuk memasarkan bisnis travel Anda. Selamat mencoba ya!