Tips Menjual Paket Travel Wisata - Sebagai seorang pemasar yang memasarkan paket travel wisata, tujuan utama dari pemasaran ialah terjadinya transaksi alias closing. Saat Anda berpromosi, ukuran kesuksesannya bukan hanya seberapa banyak orang yang melihat iklan Anda, namun, seberapa banyak konversi penjualan yang terjadi.

Ini menjadi penting, dikarenakan proses menuju closing ada yang singkat ada yang memerlukan waktu panjang. Jika beruntung, Anda akan memperoleh jamaah yang tidak banyak mau, tidak banyak alasan, tanpa nawar. Tahu-tahu sudah deal dan transfer.
Akan tetapi, ada juga tipe konsumen yang negoisasinya alot, sehingga perlu strategi khusus untuk mengatasinya. Untuk itulah pembahasan tentang tips menjual paket travel wisata ini kami berikan untuk Anda, agar Anda makin mudah untuk closing penjualan paket wisata.
Setidaknya harus ada 7 tips yang dapat Anda kerjakan. Selamat membaca.
Mengapa Konsumen Harus Beli Produk Anda
Menjual sebuah produk (dalam hal ini paket umroh) yang menarik bagi konsumen bukan sekedar berbicara mengenai kualitas aja. Banyak faktor pendukung yang membuat pelanggan merasa harus mempunyai produk Anda.

Caranya yaitu dengan memberikan nilai tambah untuk produk yang Anda sediakan. Nilai tambah tersebut dapat berupa:
- Jaminan kepuasan
- Testimonial dari jamaah lain yang sudah pernah membeli
- Harga terbaik
- Paket premium, dengan pelayanan premium
- Proses transaksi lebih cepat
- Informasi jelas dan transparan
- dll.
Berikan Alasan Mengapa Harus Beli Sekarang
Banyak orang yang kurang semangat untuk membeli karena mereka mengira bahwa apa yang Anda berikan adalah produk yang biasa saja. Mereka akan merasa dapat beli kapan-kapan, kalau tidak membeli ya tidak apa-apa.

Nah, tugas Anda adalah membuat konsumen atau calon pelanggan Anda merasa perlu membeli dengan produk paket travel wisata yang Anda berikan. Lebih jauh lagi, buat mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk memesan.
Contohnya adalah dengan memberi alasan-alasan:
- Paket travel wisata dijual terbatas (limited edition/kuotanya terbatas)
- Jangka waktu memesan hanya terbatas sampai tanggal tertentu
- Tidak ada lagi paket wisata serupa di kemudian hari
- Pendaftaran ditutup hari ini pukul 15.00
- dan sebagainya
Mengapa Harus Memesan di Travel Wisata Anda
Hal ini berkaitan dengan kualitas brand yang Anda punya. Semakin kredibel, maka pelanggan dapat semakin mudah bekerjasama dengan paket travel wisata Anda. Bandingkan dengan apabila Anda memiliki reputasi yang jelek. Kemungkinan, pelanggan Anda akan menghilang teratur saat mengetahuinya.
Berikan Motivasi agar Konsumen Segera Memutuskan untuk Membeli
Seperti yang sudah di bahas pada poin ke dua, Anda harus dapat memberikan alasan mengapa mereka harus segera memutuskan untuk membeli. Dengan alasan-alasan tersebut, bisa membangkitkan rasa akan segera menyelsaikan transaksi.
Berikan motivasi lebih untuk jamaah, contohnya:
- Jika membeli sekarang, akan ada potongan harga 100.000 rupiah
- Jika membeli hari ini, dapatkan souvenir cantik
- Jika membeli 2 paket sekaligus hari ini, dapatkan cashback 500.000 rupiah
- dan seterusnya.
Jangan Pernah Biarkan Mereka Menunda Pembayaran
Closing tanpa payment dapat diartikan belanjaan di supermarket tapi belum dibayar. Anda sudah menghitung total belanjaan, sudah diberi totalan, tapi belum juga dibayar. Eh, pelanggannya malah hilang entah ke mana! Tentunya, Anda akan mengalami kegalauan, apakah transaksi yang sudah deal tersebut akan berakhir manis atau tidak.

Solusinya, berikan tenggat waktu yang tidak terlalu lama untuk menuntaskan pembayaran. Anda dapat menggunakan software aplikasi biro travel wisata yang dapat mengatur waktu itu semua. Sehingga, pelanggan bisa mengetahui batas waktu yang didapatkan untuk melakukan pembayaran (misal, maksimal 3 hari).
Lebih baik lagi, Anda memberikan metode pembayaran yang beragam. Sehingga, Anda bisa memberitahu konsumen untuk cepat membayar tagihannya melalui cara pembayaran tercepat yang bisa dilakukan pelanggan.
Berikan Gimmick
Tips menjual paket travel wisata berikutnya adalah berilah trik pada moment-moment tertentu. Hal ini bisa bersifat insidental maupun terjadwal. Misalnya:
- Promo tanggal cantik, atau peringatan tertentu
- Souvenir untuk 10 pendaftar pertama di bulan ini
- Gift untuk pemesanan dan pembayaran dalam 24 jam
- Voucher diskon untuk jamaah dengan tanggal lahir tertentu
- dan cara kreatif lainnya.
Alih-alih Memaksa, Gunakan Kalimat Persuasif
Siapa sih, yang suka akan paksaan? Tentunya, jamaah Anda juga begitu. Kalau Anda memberikan pemberitahuan yang bersifat memaksa, maka pelanggan Anda pergi.

Daripada Anda mengucapkan kata, "Segera lengkapi dokumen Anda!" lebih bagus Anda ucapkan, "Adakah yang bisa saya bantu Pak, untuk melengkapi dokumen Anda lebih cepat?"
Atau "Segera bayar, waktu Anda sudah habis!" bisa diganti dengan kalimat "Karena waktu Anda tinggal sedikit lagi, mari saya bantu untuk mengurus pembayaran invoice Anda, Bu..."
Manusiakan manusia.
Buat konsumen senang dengan kesepakatan yang dibuat. Jangan terlalu berpuas diri apabila Anda sudah berhasil closing. Selalu cermati, jangan sampai konsumen Anda merasa tidak senang dengan kesepakatan yang telah dibuat. Berikan kesempatan pada pelanggan untuk memberikan umpan balik, apa saja yang membuat mereka merasa puas dengan transaksi tersebut.
Demikian tips closing paket umroh yang dapat dapat Anda lakukan dengan segera. Berikan pelayanan lebih baik dan closing lebih cepat dengan menggunakan software khusus biro wisata terbaik yang ada. Happy closing!
