Tips Menjual Paket Wisata - Bagi seorang tenaga pemasar yang memasarkan paket travel wisata, tujuan utama dari pemasaran ialah terjadinya transaksi alias closing. Saat Anda berpromosi, ukuran keberhasilannya bukan sekedar seberapa banyak orang yang melihat iklan Anda, namun, seberapa banyak konversi penjualan yang terjadi.
Ini menjadi hal utama, karena proses menuju closing ada yang cepat ada yang membutuhkan waktu yang lama. Jika beruntung, Anda akan mendapat jamaah yang tak banyak mau, tidak banyak alasan, tanpa nawar. Dan langsung sudah deal dan transfer.
Akan tetapi, ada juga tipe konsumen yang negoisasinya alot, sehingga perlu strategi khusus untuk mengatasinya. Untuk itulah artikel mengenai tips menjual paket travel wisata ini kami sajikan untuk Anda, supaya Anda makin gampang closing penjualan paket travel wisata.
Sedikitnya ada 7 tips yang dapat Anda lakukan. Selamat membaca.
Mengapa Konsumen Harus Membeli Produk Anda
Menjual sebuah produk (dalam hal ini paket umroh) yang menarik untuk konsumen bukan hanya bicara kualitas saja. Banyak faktor pendukung yang membuat pelanggan merasa harus membeli produk Anda.
Caranya yaitu dengan memberikan nilai tambah untuk produk yang Anda tawarkan. Nilai tambah tersebut dapat berupa:
- Jaminan kepuasan
- Testimonial dari jamaah lain yang sudah pernah membeli
- Harga terbaik
- Paket premium, dengan pelayanan premium
- Proses transaksi lebih cepat
- Informasi jelas dan transparan
- dll.
Berikan Alasan Mengapa Harus Beli Sekarang
Banyak orang yang kurang semangat untuk membeli karena mereka berfikir bahwa apa yang Anda tawarkan yaitu produk yang biasa-biasa saja. Mereka akan berpikir bisa beli kapan-kapan, kalau tidak membeli ya tidak masalah.
Nah, tugas Anda adalah membuat konsumen atau calon pelanggan Anda merasa butuh dengan produk paket wisata yang Anda berikan. Lebih jauh lagi, buat mereka tidak sempat berpikir dua kali untuk membeli produk anda.
Contohnya adalah dengan memberi alasan-alasan:
- Paket wisata dijual terbatas (limited edition/kuotanya terbatas)
- Jangka waktu memesan hanya terbatas sampai tanggal tertentu
- Tidak ada lagi paket wisata serupa di kemudian hari
- Pendaftaran ditutup hari ini pukul 15.00
- dan sebagainya
Mengapa Harus Memesan di Travel Wisata Anda
Hal ini berkaitan dengan kualitas brand yang Anda miliki. Semakin kredibel, maka pelanggan dapat semakin mudah bekerjasama dengan paket wisata Anda. Bandingkan dengan jika Anda memiliki reputasi yang jelek. Kemungkinan, pelanggan Anda bisa menghilang teratur saat mengetahuinya.
Berikan Motivasi agar Konsumen Segera Memutuskan untuk Membeli
Seperti yang sudah di bahas di poin ke dua, Anda harus dapat memberikan alasan mengapa mereka harus segera memutuskan untuk membeli. Dengan alasan-alasan tersebut, bisa meningkatkan rasa ingin segera menyelsaikan transaksi.
berikanlah motivasi lebih untuk jamaah, contohnya:
- Jika membeli sekarang, akan ada potongan harga 100.000 rupiah
- Jika membeli hari ini, dapatkan souvenir cantik
- Jika membeli 2 paket sekaligus hari ini, dapatkan cashback 500.000 rupiah
- dan seterusnya.
Jangan Pernah Biarkan Mereka Menunda Pembayaran
Closing tanpa payment ibarat belanjaan di supermarket tapi belum dibayar. Anda sudah menghitung total belanjaan, sudah diberi totalan, tapi belum dibayar. Eh, pelanggannya malah hilang entah ke mana! Tentunya, Anda dapat mengalami kecemasan, apakah transaksi yang sudah deal tersebut akan berakhir manis atau tidak.
Solusinya, kasihlah batas waktu yang tidak terlalu lama untuk meyelesaikan pembayaran. Anda dapat menggunakan software aplikasi biro travel wisata yang dapat mengatur waktu itu semua. Sehingga, pelanggan bisa mengetahui batas waktu yang diperbolehkan untuk melakukan pembayaran (misal, maksimal 3 hari).
Lebih baik lagi, Anda memberikan metode pembayaran yang beragam. Sehingga, Anda bisa memberitahu pelanggan untuk cepat membayarkan tagihannya melalui cara pembayaran tercepat yang bisa diakses pelanggan.
Berikan Gimmick
Tips menjual paket travel wisata berikutnya yaitu memberikan trik pada moment-moment tertentu. Hal ini dapat bersifat insidental maupun terjadwal. Misalnya:
- Promo tanggal cantik, atau peringatan tertentu
- Souvenir untuk 10 pendaftar pertama di bulan ini
- Gift untuk pemesanan dan pembayaran dalam 24 jam
- Voucher diskon untuk jamaah dengan tanggal lahir tertentu
- dan cara kreatif lainnya.
Alih-alih Memaksa, Gunakan Kalimat Persuasif
Siapa sih, yang suka dipaksa? Tentunya, jamaah Anda juga begitu. Kalau Anda memberikan pemberitahuan yang bersifat memaksa, bisa-bisa pelanggan Anda pergi.
Daripada Anda mengatakan, "Segera lengkapi dokumen Anda!" lebih baik Anda ucapkan, "Adakah yang dapat saya bantu Pak, untuk melengkapi dokumen Anda lebih cepat?"
Atau "Segera bayar, waktu Anda sudah habis!" bisa diganti dengan kalimat "Karena waktu Anda tinggal sedikit lagi, mari saya bantu untuk mengurus pembayaran invoice Anda, Bu..."
Manusiakan manusia.
Buat konsumen senang dengan kesepakatan yang dibuat. Jangan terlalu berpuas diri apabila Anda sudah berhasil closing. Selalu amati, jangan sampai konsumen Anda merasa tidak senang dengan kesepakatan yang telah dibuat. Berikan kesempatan pada pelanggan untuk memberikan respon baik, apa saja yang membuat mereka merasa puas dengan transaksi tersebut.
Demikian tips closing paket umrah yang dapat dapat Anda praktekkan segera. Berikan pelayanan lebih baik dan closing lebih cepat dengan menggunakan software khusus travel wisata terbaik yang ada. Happy closing!