Tips Menjual Paket Travel Wisata - Sebagai seorang tenaga pemasar yang menjual paket travel wisata, tujuan utama dari pemasaran ialah terjadinya transaksi yaitu closing. Saat Anda berpromosi, ukuran kesuksesannya bukan hanya seberapa banyak orang yang melihat iklan Anda, namun, seberapa banyak konversi penjualan yang terjadi.
Ini menjadi hal penting, dikarenakan proses menuju closing ada yang cepat ada yang memerlukan waktu panjang. Jika beruntung, Anda akan memperoleh jamaah yang tidak rewel, tidak banyak alasan, tanpa nawar. Dan langsung sudah deal dan transfer.
Namun, ada juga tipe konsumen yang negoisasinya alot, sehingga perlu strategi khusus untuk menanganinya. Untuk itulah artikel mengenai tips menjual paket travel wisata ini kami berikan untuk Anda, supaya Anda makin mudah untuk closing penjualan paket travel wisata.
Sedikitnya ada 7 tips yang dapat Anda lakukan. Selamat membaca.
Mengapa Konsumen Harus Beli Produk Anda
Menjual sebuah produk (dalam hal ini paket umroh) yang menarik untuk konsumen bukan sekedar bicara kualitas saja. Banyak faktor pendukung yang membuat pelanggan merasa harus mempunyai produk Anda.
Caranya adalah dengan menumbuhkan nilai plus untuk produk yang Anda sediakan. Nilai tambah tersebut dapat berupa:
- Jaminan kepuasan
- Testimonial dari jamaah lain yang sudah pernah membeli
- Harga terbaik
- Paket premium, dengan pelayanan premium
- Proses transaksi lebih cepat
- Informasi jelas dan transparan
- dll.
Berikan Alasan Mengapa Harus Beli Sekarang
Banyak orang yang kurang semangat untuk membeli karena mereka mengira bahwa apa yang Anda tawarkan yaitu produk yang biasa-biasa saja. Mereka akan merasa dapat beli kapan-kapan, kalau tidak beli ya tidak masalah.
Nah, tugas Anda adalah membuat konsumen atau calon pelanggan Anda merasa perlu membeli dengan produk paket travel wisata yang Anda tawarkan. Lebih jauh lagi, buat mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk memesan.
Contohnya adalah dengan memberi alasan-alasan:
- Paket wisata dijual terbatas (limited edition/kuotanya terbatas)
- Jangka waktu memesan hanya terbatas sampai tanggal tertentu
- Tidak ada lagi paket wisata serupa di kemudian hari
- Pendaftaran ditutup hari ini pukul 15.00
- dan sebagainya
Mengapa Harus Memesan di Travel Wisata Anda
Hal ini berkaitan dengan kualitas brand yang Anda miliki. Semakin kredibel, maka pelanggan akan semakin mudah bekerjasama dengan paket wisata Anda. Bandingkan dengan apabila Anda memiliki reputasi yang jelek. Kemungkinan, pelanggan Anda bisa mundur teratur saat mengetahuinya.
Berikan Motivasi agar Konsumen Segera Memutuskan untuk Membeli
Seperti yang sudah di singgung pada poin ke dua, Anda harus dapat memberikan alasan mengapa mereka harus segera memutuskan untuk membeli. Dengan alasan-alasan tersebut, dapat membangkitkan rasa ingin segera menyelsaikan transaksi.
Berikan motivasi lebih untuk jamaah, misalnya:
- Jika membeli sekarang, akan ada potongan harga 100.000 rupiah
- Jika membeli hari ini, dapatkan souvenir cantik
- Jika membeli 2 paket sekaligus hari ini, dapatkan cashback 500.000 rupiah
- dan seterusnya.
Jangan Pernah Biarkan Mereka Menunda Pembayaran
Closing tanpa payment dapat diartikan belanjaan di supermarket tapi belum dibayar. Anda sudah menghitung total belanjaan, sudah diberi totalan, tapi belum dibayar. Eh, pelanggannya malah hilang entah ke mana! Pastinya, Anda akan mengalami kegalauan, apakah transaksi yang sudah deal tersebut berakhir manis atau tidak.
Solusinya, kasihlah batas waktu yang tidak terlalu lama untuk menuntaskan pembayaran. Anda bisa menggunakan software aplikasi biro travel wisata yang dapat memange itu semua. Sehingga, pelanggan bisa mengetahui batas waktu yang diperbolehkan untuk melakukan pembayaran (misal, maksimal 3 hari).
Lebih baik lagi, Anda memberikan metode pembayaran yang beragam. Sehingga, Anda bisa memberitahu konsumen untuk segera membayarkan tagihannya melalui cara pembayaran tercepat yang bisa diakses pelanggan.
Berikan Gimmick
Tips menjual paket travel wisata berikutnya adalah memberikan gimmick pada moment-moment tertentu. Hal ini dapat bersifat insidental maupun terjadwal. Misalnya:
- Promo tanggal cantik, atau peringatan tertentu
- Souvenir untuk 10 pendaftar pertama di bulan ini
- Gift untuk pemesanan dan pembayaran dalam 24 jam
- Voucher diskon untuk jamaah dengan tanggal lahir tertentu
- dan cara kreatif lainnya.
Alih-alih Memaksa, Gunakan Kalimat Persuasif
Siapa sih, yang suka akan paksaan? Tentunya, jamaah Anda juga begitu. Kalau Anda memberikan informasi yang bersifat memaksa, bisa-bisa pelanggan Anda kabur.
Daripada Anda mengatakan, "Segera lengkapi dokumen Anda!" lebih bagus Anda mengatakan, "Adakah yang dapat saya bantu Pak, untuk melengkapi dokumen Anda lebih cepat?"
Atau "Segera bayar, waktu Anda sudah habis!" bisa diganti dengan kalimat "Karena waktu Anda tinggal sedikit lagi, mari saya bantu untuk mengurus pembayaran invoice Anda, Bu..."
Manusiakan manusia.
Buat pelanggan senang dengan kesepakatan yang dibuat. Jangan terlalu berpuas diri apabila Anda sudah berhasil closing. Selalu cermati, jangan sampai konsumen Anda merasa tidak senang dengan kesepakatan yang telah dibuat. Berikan kesempatan pada pelanggan untuk memberikan respon baik, apa saja yang membuat mereka merasa cepat puas dengan transaksi tersebut.
Demikian tips closing paket umrah yang dapat dapat Anda lakukan dengan segera. Berikan pelayanan lebih baik dan closing lebih cepat dengan menggunakan software khusus biro wisata terbaik yang ada. Happy closing!