Membangun kepercayaan pelanggan dapat diawali dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Pelayanan yang baik, akan menghasilkan kepuasan dari pelanggan. Pelanggan bisa menentukan untuk mempercayai suatu produk atau perusahaan jasa jika mereka bisa melayani yang terbaik.
Jika perusahaan Anda tergolong baru atau masih berkembang, maka Anda harus memulai bangun trust pelanggan Anda cepat mungkin. Karena meraih kepercayaan pelanggan membutuhkan waktu yang tak sebentar.
Strategi membentuk kepercayaan ini juga bisa diterapkan untuk bisnis biro wisata yang Anda lakukan. Pelanggan akan merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan Anda, apabila Anda dapat menyajikan nilai plus yang dapat menaikkan trust pelanggan.
Lalu, langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan? Travelsys mencoba merangkumnya dalam artikel yang sedang Anda baca ini.
Komunikasikan dengan Baik
Pelanggan akan merasa senang apabila Anda mampu mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik. Contohnya saja saat menawarkan produk Anda. Alih-alih menceritakan kehebatan produk Anda, Anda bisa memberikan pemahaman tentang pentingnya manfaat produk Anda untuk kehidupan mereka.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Wisata
Praktisnya, untuk sebuah biro wisata yang memiliki produk yakni jasa pelayanan biro wisata, Anda bisa memberikan gambaran utuh, apa saja kegunaan wisata untuk seseorang, latar belakang yang kuat, testimoni dari mereka yang telah melaksanakan wisata dan sebagainya.
Kemudian kaitkan dengan kelebihan perusahaan Anda, bahwa jika mereka menggunakan jasa travel wisata Anda, mereka dapat lebih khusyu' beribadah, lebih mudah, perjalanan yang menyenangkan, pendamping biro wisata yang kompeten, dan sebagainya.
Namun ingat, jangan pernah mengklaim terlalu tinggi dari apa yang dapat Anda sediakan untuk pelanggan. Jika Anda mengatakan hal yang jujur, maka pelanggan atau jamaah Anda akan muncul rasa percaya secara alami.
Buat Produk/Jasa Anda Melebihi Ekspektasi
Ini yang terkadang tidak dipikirkan oleh pebisnis. Pebisnis pada umumnya, mengharapkan keuntungan dari penjualan yang tinggi, dengan harga yang tinggi, tapi ternyata kualitas produk/jasanya tak sehebat harapan pelanggan. Hal ini jelas akan membuat konsumen kecewa.
Bahkan jika Anda bisa memberikan harga murah bagi pelanggan, namun Anda tidak memberikan layanan terbaik, maka jamaah bisa kecewa. Mereka berharap dapat mengulang lagi, supaya dapat membeli paket wisata dengan layanan yang lebih baik, berapapun harganya.
Baca Juga: 5 Cara Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order
Maka, cobalah untuk lebih menekan egoisme untuk mendapatkan banyak keuangan dengan menurunkan kualitas layanan. Berikan layanan yang utama, bahkan melebihi harapan pelanggan, dengan harga yang bersaing.
Yakinlah, sebenarnya pelayanan yang baik tak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Mari kita bahas lebih lanjut di poin ketiga.
Pelayanan Terbaik, Ini Kuncinya Membangun Kepercayaan Pelanggan
Seperti yang kita bahas di poin kedua tadi, pelayanan ialah kunci dari tumbuhnya trust di hati konsumen atau pelanggan biro wisata kita. Dengan memperhatikan kualitas layanan, maka kita sudah berinvestasi untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Coba bayangkan, bila ada 1 pelanggan yang puas, maka dia bisa menceritakan kepada setidaknya 10 orang dalam lingkarannya. Dari 10 orang tadi, mungkin tidak serta merta menjadi pelanggan Anda, katakanlah 3 orang yang menjadi pelanggan anda berikutnya. Nah, 7 orang sisanya bisa saja akan menyarankan kepada beberapa orang lain.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang tak puas dengan layanan Anda. Bahkan merekaa mungkin akan bercerita kepada lebih banyak orang dan memberitahu mereka untuk tak menggunakan jasa kita. Ngeri, kan?
Pada akhirnya, biarkan produk kita yang berbicara. Sehingga konsumen akan mempercayai kita dengan sendirinya.
Senang Hati Menerima Masukan
Semua orang takut akan kritik. Begitu juga dengan sebuah usaha. Padahal, dengan kritikan kita dapat bertumbuh. Cobalah untuk membuka diri menerima kritikan dari pelanggan. Dari situ, kita bisa tau bagian mana yang wajib diperbaiki.
Misalnya saja tentang kualitas makanan, keramahan pendamping biro wisata dan sebagainya. Masukan dari pelanggan bisa jadi berharga untuk pengembangan bisnis Anda.
Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Pelanggan biro wisata dengan Mudah
Jika Anda mau menerimanya dan menanggapinya dengan baik, maka pelanggan pun akan percaya bahwa bisnis Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari.
Berikan Apresiasi
Jangan sulit ucapan terimakasih. Apapun feedback dari pelanggan, selalu beri ucapan terimakasih. Mereka sudah mempercayakan perjalanan travel wisata mereka yang selama ini diidam-idamkan, maka dari itu Anda wajib menjaga kepercayaan mereka dan memberikan apresiasi positif kepada pelanggan.
Sesekali, anda juga bisa memberi hadiah kepada jamaah yang sudah memberikan sarannya kepada Anda, sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.
Itulah sebagian hal mengenai membangun kepercayaan pelanggan yang dapat Travelsys bagikan untuk Anda. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis travel umrah menjadi lebih baik, hubungi kami supaya kami bisa memberikan masukkan untuk Anda tentang software travel wisata yang terbaik untuk Anda. Semoga biro travel wisata Anda makin sukes.