Membangun kepercayaan pelanggan bisa dimulai dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Pelayanan yang baik, akan menghasilkan kepuasan dari pelanggan. Pelanggan dapat memutuskan untuk mempercayai suatu produk atau perusahaan jasa jika mereka bisa melayani yang terbaik.
Bila perusahaan Anda tergolong baru atau masih berkembang, maka Anda harus mulai membangun trust pelanggan Anda cepat mungkin. Karena memperoleh kepercayaan pelanggan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
Strategi membentuk kepercayaan ini juga dapat diterapkan untuk bisnis travel wisata yang Anda lakukan. Pelanggan akan merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan Anda, apabila Anda dapat menyajikan nilai plus yang dapat menaikkan trust pelanggan.
Lalu, langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan? Travelsys mencoba membahasanya dalam artikel yang sedang Anda baca ini.
Komunikasikan dengan Baik
Pelanggan akan senang apabila Anda bisa mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik. Contohnya saja saat menawarkan produk Anda. Alih-alih menceritakan kehebatan produk Anda, Anda dapat memberikan edukasi mengenai pentingnya kegunaan produk Anda untuk kehidupan mereka.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Wisata
Praktisnya, untuk sebuah biro wisata yang mempunyai produk yakni jasa pelayanan travel wisata, Anda dapat memberikan gambaran utuh, apa saja manfaat wisata bagi seseorang, latar belakang yang kuat, testimoni dari mereka yang telah melaksanakan wisata dan seterusnya.
Kemudian sambungkan dengan keunggulan perusahaan Anda, bahwa jika mereka menggunakan jasa biro wisata Anda, mereka bisa lebih khusyu' beribadah, lebih mudah, perjalanan yang menyenangkan, pendamping biro wisata yang kompeten, dan sebagainya.
Namun harus diingat, jangan pernah mengklaim terlalu tinggi dari apa yang bisa Anda berikan untuk pelanggan. Jika Anda mengatakan hal yang jujur, maka pelanggan atau jamaah Anda akan muncul rasa kepercayaab secara alami.
Buat Produk/Jasa Anda Melebihi Ekspektasi
Ini yang kadang tidak dipikirkan oleh pebisnis. Pebisnis pada umumnya, menginginkan keuntungan dari penjualan yang tinggi, dengan harga yang tinggi, tapi ternyata kualitas produk/jasanya tak sehebat ekspektasi pelanggan. Hal ini jelas dapat membuat konsumen kecewa.
Bahkan jika Anda bisa memberikan harga murah bagi pelanggan, namun Anda tidak memberikan layanan terbaik, maka jamaah bisa kecewa. Mereka berharap bisa mengulang lagi, agar bisa membeli paket wisata dengan layanan yang lebih baik, berapapun harganya.
Baca Juga: 5 Cara Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order
Maka, cobalah untuk lebih menekan egoisme untuk mendapatkan banyak laba dengan menurunkan kualitas layanan. Berikan layanan yang utama, bahkan melebihi ekspektasi pelanggan, dengan harga yang bersaing.
Yakinlah, sebetulnya pelayanan yang baik tidak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Mari kita bahas lebih lanjut di poin ketiga.
Pelayanan Terbaik, Ini Kuncinya Membangun Kepercayaan Pelanggan
Seperti yang kita bahas di poin kedua tadi, pelayanan merupakan kunci dari tumbuhnya kepercayaan di hati pelanggan atau pelanggan travel wisata kita. Dengan memperhatikan kualitas layanan, maka kita sudah berinvestasi untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Coba bayangkan, jika ada 1 pelanggan yang puas, maka dia dapat menceritakan kepada setidaknya 10 orang dalam lingkarannya. Dari 10 orang tadi, mungkin tidak serta merta menjadi pelanggan Anda, katakanlah 3 orang yang menjadi pelanggan anda berikutnya. Nah, 7 orang sisanya mungkin akan menyarankan kepada beberapa orang lain.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang tak puas dengan layanan Anda. Bahkan merekaa mungkin akan bercerita kepada lebih banyak orang dan memberitahu mereka untuk tidak menggunakan jasa kita. Ngeri, kan?
Pada akhirnya, berikan produk kita yang berbicara. Sehingga pelanggan bisa mempercayai kita dengan sendirinya.
Senang Hati Menerima Masukan
Semua orang takut menerima kritik. Begitupun dengan sebuah usaha. Padahal, dengan kritikan kita dapat bertumbuh. Cobalah untuk membuka diri menerima kritikan dari pelanggan. Dari situ, kita dapat tau bagian mana yang harus diperbaiki.
Misalnya saja tentang kualitas makanan, keramahan pendamping travel wisata dan sebagainya. Masukan dari pelanggan bisa jadi berharga untuk pengembangan bisnis Anda.
Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Pelanggan travel wisata dengan Mudah
Jika Anda mau menerimanya dan menanggapinya dengan baik, maka pelanggan pun dapat percaya bahwa usaha Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari.
Berikan Apresiasi
Jangan sulit ucapan terimakasih. Apapun feedback dari pelanggan, selalu berikan ucapan terimakasih. Mereka sudah mempercayakan perjalanan travel wisata mereka yang selama ini diinginkan, maka dari itu Anda wajib menjaga kepercayaan mereka dan memberikan penghargaan positif kepada pelanggan.
Sesekali, anda juga dapat memberikan hadiah kepada jamaah karena telah memberikan sarannya kepada Anda, sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.
Itulah sebagian hal mengenai membangun kepercayaan pelanggan yang dapat Travelsys bagikan untuk Anda. Jika Anda ingin memajukan bisnis travel umrah menjadi lebih baik, hubungi kami agar kami bisa memberikan masukkan untuk Anda tentang software biro travel wisata yang terbaik untuk Anda. Semoga biro travel wisata Anda makin berjaya.