Membangun kepercayaan pelanggan dapat dimulai dari memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Pelayanan yang baik, akan menghasilkan kepuasan dari pelanggan. Pelanggan dapat memutuskan untuk mempercayai suatu produk atau perusahaan jasa apabila mereka bisa memberikan yang terbaik.
Bila perusahaan Anda tergolong baru atau masih berkembang, maka Anda harus mulai membangun kepercayaan pelanggan Anda sesegera mungkin. Karena meraih kepercayaan pelanggan membutuhkan waktu yang tak sebentar.
Strategi membangun kepercayaan ini juga dapat diterapkan untuk usaha biro wisata yang Anda kelola. Pelanggan akan merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan Anda, apabila Anda dapat menyajikan nilai plus yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Lalu, langkah-langkah apa yang harus dikerjakan untuk membentuk kepercayaan pelanggan? Travelsys mencoba membahasanya dalam artikel yang sedang Anda baca ini.
Komunikasikan dengan Baik
Pelanggan akan senang apabila Anda mampu mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik. Contohnya saja saat menawarkan produk Anda. Alih-alih menceritakan kehebatan produk Anda, Anda bisa memberikan pemahaman mengenai pentingnya manfaat produk Anda untuk kehidupan mereka.
Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket Wisata
Singkatnya, untuk sebuah biro wisata yang memiliki produk yaitu jasa pelayanan biro wisata, Anda bisa memberikan gambaran utuh, apa saja kegunaan wisata untuk seseorang, latar belakang yang kuat, testimoni dari mereka yang telah melaksanakan wisata dan sebagainya.
Kemudian sambungkan dengan keunggulan perusahaan Anda, bahwa jika mereka menggunakan jasa biro wisata Anda, mereka dapat lebih khusyu' beribadah, lebih mudah, perjalanan yang menyenangkan, pendamping biro wisata yang kompeten, dan sebagainya.
Namun ingat, jangan pernah mengklaim terlalu tinggi dari apa yang dapat Anda berikan untuk pelanggan. Jika Anda mengatakan hal yang jujur, maka pelanggan atau jamaah Anda akan muncul rasa percaya secara alami.
Buat Produk/Jasa Anda Melebihi Ekspektasi
Ini yang terkadang tidak dipikirkan oleh pebisnis. Pebisnis pada umumnya, menginginkan keuntungan dari penjualan yang tinggi, dengan harga yang tinggi, namun ternyata kualitas produk/jasanya tidak sehebat harapan pelanggan. Hal ini jelas dapat membuat konsumen kecewa.
Bahkan jika Anda dapat memberikan harga murah bagi pelanggan, namun Anda tidak memberikan layanan terbaik, maka jamaah bisa kecewa. Mereka berharap dapat mengulang lagi, supaya dapat membeli paket travel wisata dengan layanan yang lebih baik, berapapun harganya.
Baca Juga: 5 Cara Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order
Maka, cobalah untuk lebih menekan egoisme untuk mendapatkan banyak keuangan dengan menurunkan kualitas layanan. Berikan layanan yang prima, bahkan melebihi harapan pelanggan, dengan harga yang kompetitif.
Yakinlah, sebetulnya pelayanan yang baik tidak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Mari kita bahas lebih lanjut di poin ketiga.
Pelayanan Terbaik, Ini Kuncinya Membangun Kepercayaan Pelanggan
Seperti yang kita bahas di poin kedua tadi, pelayanan merupakan kunci dari tumbuhnya kepercayaan di hati konsumen atau pelanggan biro wisata kita. Dengan memperhatikan kualitas layanan, maka kita sudah berinvestasi untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Coba bayangkan, bila ada 1 pelanggan yang puas, maka dia bisa menceritakan kepada setidaknya 10 orang dalam lingkarannya. Dari 10 orang tadi, mungkin tidak serta merta menjadi pelanggan Anda, katakanlah 3 orang yang menjadi pelanggan anda berikutnya. Nah, 7 orang sisanya mungkin akan merekomendasikan kepada beberapa orang lain.
Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang tidak puas dengan layanan Anda. Bahkan merekaa mungkin akan bercerita kepada lebih banyak orang dan memberitahu mereka untuk tidak menggunakan jasa kita. Ngeri, kan?
Pada akhirnya, biarkan produk kita yang berbicara. Sehingga konsumen akan mempercayai kita dengan sendirinya.
Senang Hati Menerima Masukan
Semua orang takut akan kritik. Begitupun dengan sebuah usaha. Padahal, dengan kritikan kita bisa bertumbuh. Cobalah untuk membuka diri menerima kritikan dari pelanggan. Dari situ, kita bisa tau bagian mana yang wajib diperbaiki.
Misalnya saja tentang kualitas makanan, keramahan pendamping travel wisata dan sebagainya. Masukan dari pelanggan bisa jadi berharga untuk pengembangan bisnis Anda.
Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Pelanggan biro wisata dengan Mudah
Jika Anda mau menerimanya dan menanggapinya dengan baik, maka pelanggan pun akan percaya bahwa bisnis Anda dapat memperbaikinya di kemudian hari.
Berikan Apresiasi
Jangan pelit ucapan terimakasih. Apapun respon dari pelanggan, selalu beri ucapan terimakasih. Mereka sudah mempercayakan perjalanan travel wisata mereka yang selama ini diidam-idamkan, maka dari itu Anda wajib menjaga kepercayaan mereka dan memberikan penghargaan positif kepada pelanggan.
Sesekali, anda juga dapat memberikan hadiah kepada jamaah karena telah memberikan masukan-masukannya kepada Anda, sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.
Itulah beberapa hal tentang membangun kepercayaan pelanggan yang dapat Travelsys bagikan untuk Anda. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis travel umroh menjadi lebih baik, hubungi kami supaya kami dapat memberikan masukkan untuk Anda mengenai software biro travel wisata yang terbaik untuk Anda. Semoga travel wisata Anda makin sukes.