Mengidentifikasi Masalah Pada Travel Wisata beserta Solusinya - Hal yang sulit dilaksanakan ialah menyadari bahwa kita mempunyai masalah. Dalam sebuah usaha, kita baru menyadari bahwa usaha bermasalah jika sudah menghadapi masalah tersebut secara nyata.
Contohnya, pebisnis travel wisata baru merasa bermasalah ketika akan mengisi SPT pajak, karena keuangan yang tidak dicatat dengan rapi. Atau masalah lain saat mencari data pelanggan yang sudah pernah pergi melalui travel wisata Anda, karena sistem pengarsipan atau pengelolaan database yang tidak rapi/kacau, bahkan masih ditulis manual di kertas.
Padahal, bila ingin difikir sebentar, semua masalah tersebut dapat dihindari dengan melakukan tindakan reventif. Anda bisa mencegah suatu masalah bila Anda bersedia memikirkan dan mengidentifikasi masalah itu jauh-jauh hari, dan mendapat solusinya.
Apalagi jika Anda berniat untuk memperbesar bisnis travel wisata Anda ke level yang lebih tinggi. Semakin maju usaha Anda, semakin banyak konsumen yang diberangkatkan ke tanah suci, Anda akan merasakan bahwa Anda sudah membutuhkan solusi atas itu semua.
Nah, berikut ini Travelsys akan berbagi tips untuk mengidentifikasi masalah pada travel wisata dan solusi dari sistem Travelsys untuk mengatasinya.
Introspeksi Kinerja Manajemen Travel Wisata Anda
Pertama, luruskan niat bahwa Anda sedang mencari kelemahan dari bisnis Anda bukan untuk mengada-adakan masalah yang tidak ada. Akan tetapi, ini adalah tindakan untuk Anda menyiapkan kemungkinan di masa mendatang yang bisa saja dapat terjadi pada bisnis Anda.
Seringkali yang terjadi ialah suatu perusahaan tidak menyadari saat di dalam perusahaan itu ada masalah. Sehingga kurang ada kesadaran, dimana hal ini apabila tidak ditangani akan berdampak menjadi masalah besar.
Anda dapat melakukan introspeksi dengan mengevaluasi seluruh tim yang bekerja untuk travel wisata Anda. Anda juga bisa memulai dari track record Anda, masukan dari konsumen, hingga pendapat dari orang yang lebih ahli mengenai bisnis Anda.
Contohnya, perusahaan Anda masih lemah dalam mengarsipkan data pelanggan. Setiap kali transaksi, Anda kesulitan untuk menemukan data konsumen yang terserak di berkas-berkas di map atau file folder. Atau Anda kesulitan mencari di folder komputer Anda yang datanya masih offline, tidak ada back up data di online sehingga hanya dapat diakses di komputer tertentu saja.
Satu masalah ini saja sudah memerlukan energi yang besar sehingga pelayanan di travel wisata Anda dapat berjalan sangat lambat. Waktu yang diperlukan untuk menangani satu konsumen saja bisa menghabiskan berjam-jam akibat Anda harus mencari data yang entah di mana letak data pelanggan tersebut.
Padahal, bila Anda memakai sistem yang terintegrasi seperti Travelsys, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menginput data manifest konsumen, sekaligus Anda bisa menyimpannya di sistem secara online. Sangat praktis! Anda dapat melihat dan menyunting data kapan saja Anda ketika memerlukannya.
Hal ini juga bisa diimplementasikan pada bidang lain misalnya keuangan & inventory. Anda tak perlu malu untuk mengintrospeksi kelemahan-kelemahan travel wisata Anda, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik Anda menyadari masalah tersebut dan mencegahnya, daripada harus menanggung masalah yang lebih besar di kemudian hari.
Kelompokkan Masalah Sesuai dengan Urgensinya
Mungkin Anda tidak terlalu memiliki masalah dalam mengelola sistem yang sudah ada sekarang. Namun, Anda pasti setidaknya punya satu hal yang mengganjal di hati Anda. Misalnya, Anda sering mengalami kendala dalam sistem pembagian komisi untuk para agen. Atau masalah keuangan yang ribet, yang membuat Anda geleng-geleng kepala ketika melihat laporan keuangan bisnis Anda.
Berangkat dari masalah yang paling nampak, Anda dapat melihat dari sudut pandang yang lain bahwa terdapat masalah-masalah yang tidak urgent namun cukup penting untuk dipikirkan. Mulai dari peningkatan kualitas pelayanan, strategi promosi & lainnya. Hal itu akan bisa Anda tangani bila Anda sudah berhasil membereskan hal-hal yang urgent untuk disusun dengan rapi.
Alhamdulillah, saat ini sudah ada sistem Travelsys, dimana Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengelola sistem travel wisata Anda dengan cara yang lebih mudah, menyenangkan dan hemat biaya. Anda dapat merasakan bedanya jika Anda telah mengetahui bagaimana kami membuat manajemen travel wisata Anda lebih rapi & terintegrasi.
Fokus Pada Solusi
Setelah berhasil mengidentifikasi masalah dalam tahap introspeksi & menyelesaikan masalah yang paling urgent, sekarang Anda coba fokus pada solusi yang Anda inginkan.
Tentunya, Anda ingin masalah-masalah teknis dalam travel wisata bisa teratasi dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sistem yang all in one, satu sistem untuk semua solusi travel wisata Anda. Anda tak perlu lagi capek-capek membeli dan meng-install software terpisah, karena ada satu sistem khusus travel wisata yang bisa Anda percaya untuk menyelesaikan problem travel wisata Anda.
Sistem Travelsys kami buat untuk memudahkan seluruh proses penanganan transaksi di travel wisataAnda. Lebih dari itu ada modul transaksi yang dapat dilakukan menggunakan software Travelsys. Kami menjamin, bahwa sistem kami adalah yang paling lengkap dari sistem yang sudah ada dengan harga termurah.
Jangan pikir panjang lagi, ayo segera hubungi cutomer service kami untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai sistem Travel wisata Travelsys, solusi untuk masalah yang terdapat pada travel wisata Anda!