Paket wisata murah adalah penawaran yang sangat menarik bagi calon pelanggan wisata. Sekarang ini, jika pelanggan dihadapkan dengan dua pilihan paket wisata murah / paket wisata premium, maka lebih sering pelanggan memilih paket wisata yang harganya lebih murah.
Terdapat dua kemungkinan mengapa hal ini terjadi. Pertama, budget yang dimiliki oleh pelanggan memang terbatas. Tidak ada biaya lebih atau sumber biaya lain untuk membiayai biaya wisata yang lebih mahal.Trik Agar Calon pelanggan Setuju Membeli Paket wisata yang Anda Tawarkan
Kedua, mental konsumen. Mungkin, pelanggan wisata Anda memiliki budget yang lumayan besar untuk pergi berlibur. Namun, mereka memegang prinsip "Kalau bisa bayar lebih murah, kenapa pilih yang mahal?"
Hal ini tentunya tak sepenuhnya salah. Tetapi, dengan trik khusus, Anda dapat membuat calon pelanggan Anda ingin membayar lebih atas paket wisata yang Anda tawarkan. Walaupun paket wisata Anda tergolong lumayan mahal.
Edukasi Calon Pelanggan
Dalam bisnis travel wisata, mengedukasi calon pelanggan akan pentingnya keamanan & kenyamanan saat wisata harus terus dilakukan oleh para pebisnis wisata
Hal ini berkaitan dengan pengalaman wisata yang lebih menyenangkan, aman, tenang, & khusyu. Jika travel wisata bisa memberikan edukasi yang detail seputar kebutuhan pelanggan untuk melaksanakan wisata yang berkualitas, maka tak susah menawarkan paket wisata yang memberikan benefit sesuai dengan yang diharapkan.
Buat Semuanya Masuk Akal
Menjual paket wisata dengan biaya yang mahal, bukan berarti tak masuk di akal. Anda bisa menjelaskan kepada calon pelanggan, mengapa ada paket wisata yang berkisar hanya 23 jutaan, dan mengapa ada paket wisata yang biayanya mencapai 45 juta rupiah.
Tentu, ada harga ada rupa. Paket reguler dapat dihargai murah karena memang tidak memerlukan banyak biaya. Namun, paket wisata premium, dengan berbagai fasilitas yang premium pula, maka wajar apabila Anda menawarkan bandrol di atas 30 juta rupiah.
Berikanlah gambaran maupun penjelasan yang jelas kepada calon pelanggan Anda, sehingga mereka dapat menerima harga yang Anda tawarkan. Tentu, Anda berkewajiban memberikan jaminan kesesuaian antara deskripsi produk dan realisasinya.
Bandingkan dengan Kompetitor atau Paket Wisata Murah Anda Sendiri
Komparasi dengan Kompetitor / Paket wisata Murah Anda Sendiri
Tentu, Anda memiliki bermacam-macam produk dalam bisnis travel wisata Anda. Tak hanya paket wisata premium, tetapi juga paket wisata biasa.
Anda bisa membuat tabel perbandingan, apa saja perbedaan dari paket wisata murah dengan paket wisata premium yang Anda tawarkan. Kemudian, Anda dapat menunjukkan bahwa dengan selisih biaya yang tak terlampau banyak, calon pelanggan wisata dapat menikmati fasilitas yang jauh lebih baik.
Hal ini dapat membuat calon pelanggan wisata Anda merasa bahwa harga paket premium Anda ternyata tidaklah semahal yang dia bayangkan. Toh, dengan harga sekian juta tersebut, fasilitas yang didapat memang sesuai dengan harga yang dibayarkan.
Jadi, Anda bisa menonjolkan BENEFIT produk paket wisata premium Anda ketika berpromosi, alih-alih berfokus pada biaya yang mahal. Toh, paket wisata murah juga belum pasti laku jika kualitas pelayanannya kurang bagus.
Anda sebetulnya juga dapat membandingkan dengan kompetitor di luar bisnis Anda. Tetapi cara ini cukup rawan untuk dilakukan. Nantinya, persaingan bisnis jadi tidak sehat. Anda sebaiknya berfokus pada keunggulan produk Anda daripada membicarakan kekurangan pesaing Anda.
Gunakan Teknik Closing yang Benar
Ada beberapa teknik closing yang bisa Anda praktikkan secara mudah, untuk meningkatkan penjualan paket wisata premium Anda.
Mengapa Harus Membeli Produk Anda
Cara membuat orang ingin membeli produk Anda adalah dengan memberikan nilai tambah terhadap produk yang Anda jual. Contohnya, untuk penjualan paket wisata premium, Anda dapat memberikan voucher belanja yang dapat ditukar dengan oleh-oleh wisata ketika mereka pulang dari wisata.
Besarnya voucher sesuai paket wisata yang mereka ambil, semakin mahal semakin besar nilai vouchernya. Anda juga dapat memberikannya dalam bentuk cashback uang riyal, sehingga pelanggan bisa menggunakannya untuk berbelanja saat berada di Arab Saudi.
Anda juga dapat memberikan garansi, misalnya jika ternyata fasilitas yang Anda tulis dalam promosi jauh berbeda dengan kenyataan saat wisata, pelanggan memiliki hak mengclaim cashback sekian rupiah.
Hal-hal seperti ini umumnya mendorong pelanggan untuk segera menekan tombol check out, sebab merasa terdapat nilai tambah yang akan mereka dapatkan saat mereka membeli produk Anda.
Mengapa Calon Pelanggan Harus Membeli Saat Ini Juga
Berikan batasan waktu saat berjualan, karena jika Anda memberikan kesempatan untuk konsumen Anda menunda pembelian, maka Anda juga akan kehilangan peluang mendapatkan closing.
Berikan batasan waktu dengan kalimat-kalimat seperti:
- Promo ini hanya terbatas untuk 30 orang pertama saja (ada kuota)
- Daftar sekarang gratis merchandise menarik (ada bonus)
- Setelah tanggal 10, harga naik 500.000 konsumen merasa harus berhemat dengan membeli sekarang, bukan nanti)
- dan sebagainya, sesuaikan dengan kreativitas & program promosi perusahaan Anda.
Tanamkan Kepercayaan Pelanggan pada Perusahaan Anda
Trust / rasa percaya ialah modal paling brilian guna menghasilkan penjualan dari produk-produk premium. Anda kemungkinan tahu Apple, produknya begitu laris bahkan orang mau menunggu berhari-hari di depan toko untuk mendapatkan produk baru yang akan launching.
Apa yang membuat Apple begitu laris? Padahal harga yang ditawarkan juga tidak murah. Ternyata, Apple berhasil membangun kepercayaan terhadap pelanggannya sehingga produknya sangat diminati dan dinanti.
Anda bisa mulai dengan membangun brand perusahaan travel wisata Anda, sehingga Anda memiliki reputasi yang cukup baik di mata pelanggan. Reputasi yang baik akan berdampak pada rasa percaya pelanggan, sehingga tanpa diminta pun mereka akan merekomendasikan travel wisata Anda kepada orang lain.
Anda juga dapat membuat testimoni pelanggan, agar calon pelanggan lain tumbuh rasa kepercayaan pada perusahaan Anda. Walaupun paket wisata yang Anda tawarkan bukanlah paket wisata murah, Anda tetap dapat memenangkan pasar karena mempunyai target pasar yang spesifik.
Anda bisa membuat perusahaan Anda tampil lebih profesional & terpercaya dengan mendownload aplikasi khusus travel wisata terbaik dari Travelsys.
Kami berkomitmen membuat perusahaan travel wisata semakin maju dan berkembang, sehingga pendapatan Anda juga akan meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga sukses!