Paket wisata murah adalah penawaran yang sangat menarik bagi calon pelanggan wisata. Saat ini, apabila pelanggan dihadapkan pada dua pilihan paket wisata murah atau paket wisata premium, maka lebih sering pelanggan memilih paket wisata yang harganya lebih ekonomis.
Ada dua kemungkinan mengapa hal ini terjadi. Pertama, biaya yang dimiliki oleh pelanggan memang terbatas. Tidak terdapat biaya lebih atau sumber biaya lain guna membiayai dana wisata yang lebih mahal.Trik Agar Calon pelanggan Setuju Membeli Paket wisata yang Anda Tawarkan
Kedua, mental calon pelanggan. Mungkin, pelanggan wisata Anda mempunyai dana yang cukup besar untuk pergi berlibur. Namun, mereka mempunyai prinsip "Kalau bisa bayar lebih murah, kenapa pilih yang mahal?"
Hal ini tentunya tak sepenuhnya salah. Tetapi, dengan trik khusus, Anda bisa membuat calon pelanggan Anda ingin membayar lebih atas paket wisata yang Anda tawarkan. Meskipun paket wisata Anda termasuk cukup mahal.
Edukasi Calon Pelanggan
Dalam bisnis travel wisata, mengedukasi calon pelanggan terkait pentingnya keamanan dan kenyamanan saat wisata harus terus dilaksanakan oleh para pebisnis wisata
Hal ini menyangkut pengalaman wisata yang lebih menyenangkan, aman, tenang, dan khusyu. Apabila travel wisata dapat memberikan edukasi yang lengkap seputar kebutuhan pelanggan untuk menunaikan wisata yang berkualitas, maka tidak sulit menawarkan paket wisata yang memberikan benefit sesuai dengan yang diharapkan.
Buat Semuanya Masuk Akal
Menjual paket wisata dengan biaya yang mahal, bukan berarti tidak masuk di akal. Anda bisa menjelaskan kepada calon pelanggan, mengapa terdapat paket wisata yang kisarannya hanya 23 jutaan, & mengapa ada paket wisata yang biayanya mencapai 45 juta rupiah.
Tentu, ada harga ada rupa. Paket reguler bisa dihargai murah karena memang tidak memerlukan banyak biaya. Namun, paket wisata premium, dengan segala fasilitas yang premium pula, maka wajar jika Anda menawarkan bandrol di atas 30 juta rupiah.
Berikanlah gambaran atau penjelasan yang jelas kepada calon pelanggan Anda, sehingga mereka dapat menerima harga yang Anda tawarkan. Tentu, Anda berkewajiban memberikan jaminan kesesuaian antara deskripsi produk dengan realisasinya.
Bandingkan dengan Kompetitor atau Paket Wisata Murah Anda Sendiri
Komparasi dengan Kompetitor / Paket wisata Murah Anda Sendiri
Tentunya, Anda mempunyai diversifikasi produk dalam bisnis travel wisata Anda. Tidak hanya paket wisata premium, namun juga paket wisata biasa.
Anda dapat membuat tabel komparasi, apa saja perbedaan dari paket wisata murah dengan paket wisata premium yang Anda tawarkan. Selanjutnya, Anda dapat menunjukkan bahwa dengan selisih biaya yang tak terlampau banyak, calon pelanggan wisata dapat menikmati fasilitas yang jauh lebih baik.
Hal ini bisa membuat calon pelanggan wisata Anda merasa bahwa harga paket premium Anda ternyata tidak semahal yang dia pikirkan. Toh, dengan harga sekian juta tersebut, fasilitas yang didapat memang sesuai dengan harga yang dibayarkan.
Jadi, Anda dapat menonjolkan BENEFIT produk paket wisata premium Anda ketika berpromosi, alih-alih berfokus pada biaya yang mahal. Toh, paket wisata murah juga belum tentu laku jika kualitas pelayanannya kurang bagus.
Anda sebenarnya juga dapat membandingkan dengan pesaing di luar bisnis Anda. Namun cara ini cukup rawan untuk dilakukan. Nantinya, persaingan bisnis menjadi tidak sehat. Anda sebaiknya berfokus pada keunggulan produk Anda daripada membicarakan kekurangan pesaing Anda.
Gunakan Teknik Closing yang Benar
Terdapat beberapa teknik closing yang bisa Anda praktekkan secara mudah, untuk meningkatkan penjualan paket wisata premium Anda.
Mengapa Harus Membeli Produk Anda
Cara membuat orang ingin membeli produk Anda adalah dengan memberikan nilai plus terhadap produk yang Anda jual. Misalnya, untuk penjualan paket wisata premium, Anda bisa memberikan voucher belanja yang bisa ditukarkan dengan oleh-oleh wisata saat mereka pulang dari wisata.
Besarnya voucher sesuai paket wisata yang mereka ambil, semakin mahal semakin besar nilai vouchernya. Anda juga bisa memberikannya dalam bentuk cashback uang riyal, sehingga pelanggan dapat memakainya untuk berbelanja saat berada di Arab Saudi.
Anda juga bisa memberikan garansi, misalnya jika ternyata fasilitas yang Anda tulis dalam promosi jauh berbeda dengan kenyataan saat wisata, pelanggan berhak mengklaim cashback sekian rupiah.
Hal-hal seperti ini umumnya mendorong pelanggan untuk secepatnya menekan tombol check out, karena merasa terdapat nilai tambah yang akan mereka peroleh saat mereka membeli produk Anda.
Mengapa Calon Pelanggan Harus Membeli Saat Ini Juga
Berikan batasan waktu saat berpromosi, sebab jika Anda memberikan kesempatan untuk konsumen Anda menunda pembelian, maka Anda juga akan kehilangan kesempatan memperoleh closing.
Berikanlah batasan waktu dengan kalimat-kalimat seperti:
- Promosi ini hanya terbatas untuk 30 orang pertama saja (ada kuota)
- Daftar sekarang gratis merchandise unik (ada bonus)
- Setelah tanggal 10, harga naik 500.000 konsumen merasa harus berhemat dengan membeli sekarang, bukan nanti)
- dan sebagainya, disesuaikan dengan kreativitas dan program promosi perusahaan Anda.
Tanamkan Kepercayaan Pelanggan pada Perusahaan Anda
Trust atau rasa percaya ialah modal paling brilian guna menghasilkan penjualan dari produk-produk premium. Anda kemungkinan tahu Apple, produknya begitu laris bahkan orang mau mengantri berhari-hari di depan toko untuk memperoleh produk baru yang akan dilauncing.
Apa yang membuat Apple begitu laris? Padahal harga yang ditawarkan juga tidak murah. Ternyata, Apple berhasil membangun kepercayaan terhadap pelanggannya sehingga produknya sangat diminati dan dinanti.
Anda bisa mulai dengan membangun brand perusahaan travel wisata Anda, sehingga Anda mempunyai reputasi yang cukup baik di mata pelanggan. Reputasi yang baik akan berdampak terhadap rasa percaya pelanggan, sehingga tanpa diminta pun mereka akan merekomendasikan travel wisata Anda kepada orang lain.
Anda juga bisa membuat testimoni pelanggan, supaya calon pelanggan lain timbul rasa kepercayaan pada perusahaan Anda. Walaupun paket wisata yang Anda tawarkan bukanlah paket wisata murah, Anda tetap bisa memenangkan market karena mempunyai target pasar yang spesifik.
Anda dapat membuat perusahaan Anda tampil lebih profesional dan terpercaya dengan menginstall aplikasi khusus travel wisata terbaik dari Travelsys.
Kami berkomitmen membuat perusahaan travel wisata semakin maju & berkembang, sehingga profit Anda juga akan meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga sukses!