Ketika memiliki usaha biro travel wisata, kepuasan pelanggan yaitu salah satu tujuan yang akan dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan mendapatkan feedback yang baik, misalnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel kita, atau melakukan repeat order.
Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis biro travel wisata, sehingga Anda bisa memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Pasti strategi ini dampaknya tidak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel wisata Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan pelanggan. Setiap pelanggan Anda adalah orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap pelanggan. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu paket wisata, bukan jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap pelanggan.
Bahkan dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengenal berbagai macam karakter manusia. Ada yang pelanggan simpel, ada yang biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus misal pelanggan yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa menjadi ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi pelanggan. Adil bukan berarti sama rata. Adil adalah memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk meraih kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk jamaah sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berpengaruh terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan merasa kesal, tetapi apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha biro travel wisata, Anda bisa menerapkannya dari sisi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel wisata
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Pemberi kritik yaitu orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, mengharapkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi biro travel wisata Anda. Jika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel wisata Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika ingin membeli paket wisata untuk mengakomodasi kebutuhan wisata mereka. Tak ada pelanggan yang mau mengalami kesulitan ketika ingin mendaftar wisata, membayar biaya wisata, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang dapat mereka dapatkan saat berwisataItulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk pelanggan Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha travel wisata Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun pelanggan membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel wisata seperti TravelSys. Anda tak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang berkaitan dengan perjalanan wisata bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Wisata Pastikan pelanggan Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan pelanggan terhadap bisnis biro travel wisata Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!