Saat memiliki bisnis biro travel wisata, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang akan dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita tawarkan akan memberikan feedback yang baik, misalnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel wisata kita, atau melakukan repeat order.
Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis biro travel wisata, sehingga Anda bisa memprioritaskan kepuasan konsumen sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Pasti strategi ini dampaknya tak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tetapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga usaha biro travel wisata Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan konsumen. Setiap pelanggan Anda yaitu orang yang unik. Anda perlu memberikan perhatian khusus pada setiap pelanggan. Banyaknya konsumen yang Anda handle dalam satu paket wisata, tak menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap pelanggan.
Bahkan dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang orangnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus contohnya pelanggan yang ada riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa jadi ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi pelanggan. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk jamaah sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa merasa kesal, tetapi kalau sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam bisnis biro travel wisata, Anda bisa menerapkannya dari sisi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal lain sebagainya yang dapat Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Artinya, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel wisata
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Wisata Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, mengharapkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Tentu, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi travel wisata Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat biro travel wisata Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan mengharapkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket wisata untuk mengakomodasi keperluan wisata mereka. Tak ada pelanggan yang mau mengalami kesulitan ketika ingin mendaftar wisata, membayar biaya wisata, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka temukan ketika berwisataItulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk pelanggan Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel wisata Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda ataupun pelanggan membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dibuatkan khusus untuk travel wisata seperti TravelSys. Anda tak perlu repot lagi, karena segala jenis transaksi yang ada kaitannya dengan perjalanan wisata bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Wisata Pastikan pelanggan Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan pelanggan terhadap bisnis biro travel wisata Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!